MILIKI RAJA DAMAI DAN SUKACITA DALAM HATI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Raja-Raja 10-12
Yohanes 1:29-51

BACAAN HARI INI
Yesaya 55:6-13

RHEMA HARI INI
Yesaya 55:12-13 Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan. Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sebagai kemasyhuran bagi TUHAN, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap.

Vivi adalah seorang karyawan di salah satu perusahaan pengembangan SDM di kota Solo. Di antara rekan-rekannya, Vivi terkenal sebagai salah satu karyawan yang ceria dan selalu membawa damai. Ekspresi wajahnya selalu tampak tenang dan teduh. Wajahnya sangat jarang terlihat susah dan sedih walaupun suaminya didiagnosis mengidap penyakit langka dan sedang dirawat di rumah sakit. Saat rekannya bertanya kepada Vivi apa rahasia dari damai sejahtera dan sukacitanya, ia menjawab, “Itu bukan sebuah rahasia, tetapi karena seorang Pribadi. Yesus hidup dalamku. Tidak ada alasan lain yang bisa menjelaskan ketenangan dan sukacita yang saya alami dan rasakan di tengah pergumulan saya.”

Ya betul, rahasia dari damai sejahtera dan sukacita terletak pada hubungan kita dengan Yesus Kristus. Namun, sering kali ketika orang-orang merindukan damai sejahtera dan sukacita dalam hatinya, mereka berpikir damai sejahtera dan sukacita akan mereka rasakan ketika memiliki uang, karier yang sukses, atau saat mendapat pasangan lalu menikah serta membangun keluarga. Namun damai karena situasi hidup itu lenyap seketika saat kesukaran atau badai hidup melanda.

Ada satu kebenaran yang penting untuk kita pahami, yaitu orang tidak bisa mengalami kemuliaan Tuhan tanpa menerima Raja Damai dalam hati mereka. Ketika ada raja damai dan sukacita dalam hati kita, maka kemuliaan Tuhan akan mengikuti kita. Hal-hal seperti penyakit, kesulitan keuangan, atau bahaya lainnya mungkin saja kita alami, tetapi Sang Raja Damai Sejahtera meyakinkan kita bahwa Dia memegang hidup kita di tangan-Nya. Sehingga sukacita-Nya yang tak berkesudahan melimpahi hati kita dan kemuliaan Tuhan semakin terpancar terang dalam kehidupan kita.

RENUNGAN
Ketika ada RAJA DAMAI dan SUKACITA dalam hati kita, maka KEMULIAAN-NYA pun akan mengikuti kita.

APLIKASI
1. Apakah Anda merindukan kemuliaan Tuhan dinyatakan dalam hidup Anda?
2. Menurut Anda, apakah selama ini dalam hati Anda sudah ada raja damai dan sukacita?
3. Setelah membaca renungan hari ini, apa komitmen yang akan Anda ambil untuk mengaplikasikan renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, terima kasih untuk kemurahan-Mu bagi kami, Engkau telah rela memberikan Anak-Mu yang tunggal, Sang Raja Damai, sebagai penyelamat dan penolong kami. Kami rindu menempatkan Sang Raja Damai dalam hati kami, sehingga melalui hidup kami, kemuliaan-Mu semakin terpancar. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”