Milikilah Hidup Baru Di Dalam Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 12 Mei 2016

BACAAN HARI INI

2 Korintus 5:11-21

RHEMA HARI INI

2 Korintus 5:17 Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang.

Dalam kitab Kisah Para Rasul, kita dapat melihat kehidupan para pengikut Yesus yang dituntun oleh Roh Kudus. Salah satunya adalah Paulus, atau yang dulunya bernama Saulus. Dari semua tokoh yang diceritakan dalam kitab ini, mungkin Saulus adalah contoh yang paling baik untuk menggambarkan bagaimana kehidupan seseorang dapat berubah 180 derajat ketika Tuhan menjamah hidup orang tersebut.

Awalnya, Saulus adalah seseorang yang mendedikasikan hidupnya untuk memburu pengikut Kristus dan menganiaya mereka. Sampai kemudian ia bertemu dengan Tuhan Yesus di tengah perburuannya. Sejak itu, bukan saja namanya yang berubah menjadi Paulus, tetapi hatinya yang semula penuh dengan kebencian juga diubahkan 180 derajat. Ia diberi hati dan pikiran yang baru. Ia begitu dipenuhi oleh Roh Kudus. Dengan hati yang penuh kerinduan, Ia memberitakan injil kepada banyak orang di berbagai tempat. Ketika dipenjara karena imannya pun, ia tetap memiliki hati untuk menggembalakan jemaat melalui surat-surat yang dituliskannya.

Kalau kita merenungkan kisah hidup Paulus, bukankah kita akan mendapati bahwa ini adalah hal yang sangat luar biasa? Dari seseorang yang begitu menentang jalan Tuhan, ia diubah menjadi seseorang yang memberi seluruh hidupnya untuk pekerjaan Tuhan. Tidak terlihat lagi jejak dari cara hidupnya yang lama.

Begitu juga seharusnya dengan kita. Ketika kita lahir baru, Tuhan sudah memberikan hati yang baru di dalam kita. Oleh Roh Kudus, kita memperoleh pemahaman yang baru. Kita tidak lagi melihat banyak hal dengan cara yang sama. Kita menyadari betapa terberkatinya kita karena memiliki Tuhan yang begitu mengasihi kita, sehingga Dia rela untuk datang ke dunia dan menyelamatkan diri kita yang berdosa ini.

Seperti Paulus, hendaknya kita memiliki suatu kerinduan untuk membalas anugerah Tuhan atas hidup kita. Mulailah bertindak untuk membagikan kasih Tuhan kepada jiwa-jiwa yang terhilang.

RENUNGAN

Salah satu ciri lahir baru adalah memiliki CINTA MULA-MULA dan kerinduan untuk MEMBERITAKAN KRISTUS. Sudahkah Anda memilikinya?

APLIKASI

  1. Apa yang Anda rasakan ketika terlahir baru?
  2. Dapatkah Anda melihat perbedaan dari cara hidup Anda yang lama dengan cara hidup Anda setelah lahir baru? Ceritakan.
  3. Apa yang bisa Anda lakukan untuk mulai memberitakan Kristus?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih karena hari ini Engkau telah mengingatkan kami akan cinta mula-mula kami. Berikan kami kerinduan yang terlebih lagi untuk menceritakan kasih-Mu. Pakailah kami untuk menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang di sekitar kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 2