Mitigasi Bencana

BACAAN HARI INI
2 Petrus 3:1-16

RHEMA HARI INI
2 Petrus 3:9 Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang menganggapnya sebagai kelalaian, tetapi Ia sabar terhadap kamu, karena Ia menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat.

Di dalam ilmu pengetahuan sosial, dikenal istilah ‘mitigasi bencana.’ Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana baik bencana alam, bencana ulah manusia, maupun gabungan dari keduanya dalam suatu negara atau masyarakat. Kalau mitigasi bencana berfungsi dengan baik, maka korban jiwa dan kerugian materi akibat bencana bisa lebih diminimalisir.

Mitigasi bencana ini tidak jauh berbeda dengan tugas kita untuk memberitakan Injil, sebenarnya. Kalau setiap kita anak-anak Tuhan sungguh-sungguh bangkit untuk memberitakan kabar baik dari Tuhan kepada setiap orang yang kita kenal atau temui, maka sesungguhnya kita bisa meminimalisir jumlah ‘korban’ jiwa-jiwa yang masuk dalam bencana kekal yaitu neraka.

Itu sebabnya, di hari-hari akhir menjelang kedatangan Tuhan yang kedua ini, marilah kita semakin giat dalam memberitakan Injil Yesus Kristus. Mari kita selamatkan sebanyak mungkin orang. Mari kita berlomba-lomba dengan kerajaan kegelapan untuk merebut jiwa-jiwa yang ada dalam kekuasaan tangan mereka, untuk kita tarik kepada terang Tuhan yang ajaib. Hari-hari ini seperti sebuah putaran terakhir dari sebuah lomba lari marathon, maka kita perlu mengerahkan segenap kekuatan kita untuk menjangkau sebanyak mungkin jiwa sehingga mereka bisa mengalami keselamatan dan hidup yang kekal di dalam Tuhan.

RENUNGAN
Menjelang kedatangan Tuhan yang kedua adalah kesempatan untuk kita MEMBERITAKAN INJIL dan selamatkan jiwa.

APLIKASI
Tetapkan, kepada siapa Anda akan memberitakan Injil hari ini ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami akan berjuang membawa banyak jiwa kepadaMu pada kesempatan yang luar bisa ini. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Ayub 29-31