Motivasi Mengasihi Tuhan

Renungan Keluarga Allah
Minggu, 17 April 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 7:36-50

RHEMA HARI INI

Lukas 7:47 Sebab itu Aku berkata kepadamu: Dosanya yang banyak itu telah diampuni, sebab ia telah banyak berbuat kasih. Tetapi orang yang sedikit diampuni, sedikit juga ia berbuat kasih.”

Seorang wanita dinikahkan oleh orang tuanya dengan suami yang tidak dicintainya. Suaminya menuntut istrinya bangun jam 5 pagi setiap hari dan melayaninya setiap ia hendak bekerja dan menyediakan makan pagi. Semuanya dilakukan tanpa boleh membantah sedikitpun. Hidup wanita itu sangat menderita karena harus melayani dan memuaskan suaminya, seperti seorang pembantu saja.

Pada suatu hari suaminya meninggal dan sang istri kemudian menikah lagi dengan seorang laki-laki yang sangat dicintainya. Pada suatu hari, saat ia sedang membersihkan maja tulis suaminya yang pertama, ia menemukan peraturan-peraturan yang dibuat mantan suaminya. Ia duduk dan membaca jadwal harian itu satu persatu. Tiba-tiba ia berhenti dan berpikir bahwa pekerjaan harianya dulu ternyata sama dengan yang sekarang ia kerjakan untuk suaminya saat ini. Namun perbedaannya hanya pada kasih. Dulu ia mengerjakan pekerjaannya dengan terpaksa dan takut, kini ia mengerjakannya dengan kasih. Karena itu saat ini ia melakukan semua pekerjaanya dengan senang hati.

Orang yang melayani belum tentu mengasihi Tuhan, tetapi orang yang mengasihi Tuhan pasti akan melayani Tuhan. Sekarang mari introspeksi, bagaimana sikap hati kita di dalam ibadah, doa maupun pelayanan. Apakah dengan motif untuk mendapatkan berkat-Nya ataukah karena kita murni mengasihi Tuhan? Atau masih tercampur?

Bila kita melakukan dengan dasar kasih, maka Tuhan pun pasti akan menjawab doa kita, karena anak-Nya yang tunggal saja diberikan untuk kita, apalagi bila kita berharap pada-Nya. Tidak mungkin Tuhan akan memberi kita ular ganti roti. Tentu saja Tuhan akan memberikan yang terbaik kepada kita bila kita banyak melakukan hal-hal besar untuk kemuliaan-Nya. Dengan motif kita mengasihi Yesus, niscaya setiap penghalang doa akan dihilangkan dan banyak mujizat serta perkara ajaib akan menyertai doa kita.

RENUNGAN

Orang yang melakukan sesuatu bagi Tuhan belum tentu MENGASIHI TUHAN, tapi orang yang MENGASIHI TUHAN pasti MELAKUKAN sesuatu bagi Tuhan.

APLIKASI

  1. Koreksi, apa motif Anda ketika melayani Tuhan?
  2. Dalam doa-doa Anda, apakah motivasi Anda menaikkan doa-doa tersebut kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, ajari kami dan berikan roh yang benar, sehingga kami melayani Engkau dengan dasar kasih, hati-Mu disenangkan dan doa kami sungguh dibukakan tingkap-tingkap langit, sehingga menjadi kesaksian untuk membawa banyak jiwa datang kepada kemuliaan-Mu. Demi Nama Yesus hamba sudah berdoa dan bersyukur. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Yehezkiel 37-39