Musim Panas Masa Kesempatan

AaARHEMA HARI INI
Amsal 24:5 Orang yang bijak lebih berwibawa dari pada orang kuat, juga orang yang berpengetahuan dari pada orang yang tegap kuat.

Petualangan Marcopolo sampai ke Asia membuahkan hasil yang luar biasa. Injil yang diberitakannya diresponi dengan bagus oleh pemimpin Mongol, Kublai Khan. Tahun 1269, Kublai Khan mengirim permintaan dari Peking ke Roma, “Mohon datangkan seratus orang bijak dari agama Kristen, supaya saya dibaptis. Bila saya dibaptis, semua bangsawan dan orang perkasa saya dibaptis, dan bawahan mereka juga dibaptis, supaya ada lebih banyak orang Kristen di sini daripada di tempat Anda.” Paus Gregory X menanggapi permintaan Khan tersebut hanya dengan mengirim dua orang misionaris saja. Yang menyedihkan, ketika dua orang ini sampai di Armenia, mereka tidak tahan untuk melanjutkan perjalanan lebih jauh lagi dan kembali pulang. Lenyaplah kesempatan terbesar untuk menghadirkan Kristus bagi Mongol dan juga China (Waktu itu Mongol sedang menguasai China). Tuhan sudah menciptakan kesempatan luar biasa namun disia-siakan begitu saja. Kesempatan tidak datang dua kali. Hingga hari ini kita tahu bahwa kekristenan tidak begitu populer di negara terbesar di Asia itu.

Berbicara tentang kesempatan, sebenarnya kita tahu bahwa Tuhan selalu memberi kesempatan demi kesempatan kepada kita. Permasalahannya, apakah kita bisa secara bijak menggunakan kesempatan itu dengan baik, atau sebaliknya kita menyia-nyiakannya begitu saja? Musim panas adalah masa kesempatan. Sejauh mana kita menghargai kesempatan yang sudah Tuhan berikan kepada kita? Jika Anda diberkati secara finansial dengan luar biasa, percayalah itu bukan sebuah kebetulan. Allah sedang memberi kesempatan kepada Anda untuk berbuat sesuatu lewat uang yang Anda miliki. Jika Anda diperlengkapi dengan sejumlah talenta yang mengagumkan, percayalah itu artinya Tuhan sedang memberi kesempatan kepada Anda menggunakan talenta itu untuk kemuliaanNya. Jika kebetulan Anda sedang bertemu dengan seseorang yang sedang kacau, depresi bahkan kehilangan pegangan hidup, itu artinya Tuhan sedang memberikan kesempatan kepada kita untuk mengenalkan pribadi Yesus kepadanya. Anda diberikan hikmat, kekuatan, waktu, uang, bakat, dan kelebihan-kelebihan lain. Itu adalah sebuah kesempatan yang harus kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kita mengabaikannya dan membiarkan kesempatan itu berlalu begitu saja. Jadilah bijak menggunakan kesempatan!

RENUNGAN
Musim panas adalah masa kesempatan yang besar.

APLIKASI
1. Kesempatan apa yang sedang Tuhan berikan dalam hidup Anda?
2. Komitmen apa yang akan Anda lakukan untuk mempergunakan kesempata tersebut sebaik mungkin?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan kami bersyukur Engkau ada di setiap musim kehidupan kami. Ajar kami berani melangkah meninggalkan musim yang sudah berlalu dan berjalan menuju musim yang baru yang Tuhan sudah sediakan bagi kami. Kami percaya di depan sanapun anugerah-Mu sudah Engkau siapkan bagi kami. Terimakasih Tuhan. Amin.