Naik Level Dalam Hal Menjadi Terang

BACAAN HARI INI
Matius 5:13-16

RHEMA HARI INI
Matius 5:15 Lagipula orang tidak menyalakan pelita lalu meletakkannya di bawah gantang, melainkan di atas kaki dian sehingga menerangi semua orang di dalam rumah itu.

Ada sebuah ilustrasi menarik yang menceritakan tentang seorang buta sedang berjalan di suatu jalanan yang tidak terlalu ramai. Orang buta tersebut berjalan dengan tangan kanannya memegang tongkat, sementara tangan kirinya membawa lampu. Pemandangan ini cukup mengherankan bagi beberapa orang yang melihatnya, hingga seorang pria yang kebetulan melihatnya bertanya, “Mengapa Anda berjalan membawa lampu?” Orang buta itu lalu menjawab, “sebagai penerangan”. Dengan heran pria tersebut bertanya kembali, “Tetapi, bukankah Anda buta dan tetap tidak bisa melihat jalan meski ada lampu penerangan?” Orang buta tersebut tersenyum dan menjawab, “Meski saya tidak bisa melihat, orang lain melihatnya. Selain membuat  jalanan menjadi terang, hal ini juga menghindarkan orang lain agar tidak menabrak saya”.

Orang buta tersebut adalah contoh tindakan nyata bagaimana menjadi pribadi yang menjadi terang dimanapun ia berada, sekalipun dalam keterbatasan. Orang buta tersebut tidak hanya berpikir cukuplah membawa tongkat saja, yang penting tidak menabrak sesuatu. Namun ia berpikir agar orang lain juga mendapat penerangan, bahkan agar orang lain tidak celaka karena menabraknya. Begitu pula dengan kerinduan hati Tuhan atas kita, agar kita bisa terus mengalami peningkatan level dalam menjadi terang. Tidak hanya demi keuntungan diri sendiri, akan tetapi juga memberikan manfaat dan pengaruh baik bagi lingkungan sekitar kita. Bahkan tidak hanya menjadi terang dalam lingkungan keluarga saja, tetapi juga ke teman sekolah, rekan kerja, bahkan hingga ke bangsa-bangsa.

Menjadi terang bukanlah sebuah pesan biasa, namun merupakan sebuah perintah dari Tuhan yang harus kita taati. Mungkin banyak dari kita saat ini merasa terpuruk dengan keadaan kita sekarang, inilah saatnya kita untuk bangkit dan menjadi terang. Saat kita berani melangkah untuk percaya dan melakukannya, maka Tuhanlah yang akan menyertai kita. Sehingga hidup kita bisa dipakai untuk mengambil alih kegelapan dan mendatangkan terang dalam hidup banyak orang.

RENUNGAN
Tuhan bukan hanya memberikan pesan, tetapi PERINTAH, agar kita naik level dalam hal MENJADI TERANG.

APLIKASI
1.    Apa tujuan Tuhan memberikan mandat kepada Anda untuk menjadi terang?
2.    Sudahkah Anda melakukannya?
3.    Jika belum, apakah yang menjadi kendala bagi Anda?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan, kami mau taat melakukan perintah-Mu. Kami mau melangkah untuk menjadi terang dimanapun kami berada, bahkan hingga ke bangsa-bangsa. Dan kami percaya ketika kami melangkah untuk menjadi terang maka kami tidak akan kehilangan penyertaan-Mu dalam hidup kami, bahkan kami berlimpah anugerah dari pada-Mu. Terimakasih, Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.