NATAL ADALAH MOMEN TERANG YANG SESUNGGUHNYA DATANG

BACAAN HARI INI

Yohanes 1:1-18

RHEMA HARI INI

Yohanes 1:9 Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.

Sudah sejak beberapa waktu yang lalu, tersiar kabar bahwa China menciptakan matahari buatan. Ya, negara Tiongkok telah berhasil menyalakan reaktor fusi nuklir untuk pertama kalinya. Reaktor itu dirancang untuk menjadi sumber energi bersih yang menghasilkan panas 10 kali dari panas matahari asli. Reaktor itu terletak di provinsi Sichuan barat daya, dan selesai dibangun akhir tahun lalu. 10 kali lebih panas dari matahari asli adalah klaim dari pemerintah Tiongkok. Tetapi apakah akan berfungsi seperti yang diharapkan? Masih dibutuhkan waktu untuk membuktikannya. Bagaimanapun, sehebat-hebatnya buatan manusia, tetap tidak bisa di bandingkan dengan karya Tuhan. Matahari telah menjadi sumber panas dan terang yang sangat dibutuhkan umat manusia sampai sekarang ini. Waktu telah membuktikan bahwa kehidupan di alam semesta ini sangat dipengaruhi oleh keberadaan matahari.

Dalam masa pelayanannya, banyak orang mengira bahwa Yohanes pembabtis adalah terang yang akan datang untuk menyelamatkan dunia. Hidupnya yang luar biasa memang telah menerangi kegelapan di jaman itu. Pelayanannya diakui menjadi berkat dan dipuji banyak orang. Tapi Yohanes sendiri mengatakan bahwa ia hanyalah PEMBUKA JALAN karena Yohanes tahu ada satu pribadi yang akan datang kemudian. Ya, Yesus Kristuslah TERANG YANG SESUNGGUHNYA, yang akan menyelamatkan isi dunia. (Yohanes 1:6-9)

Sepanjang tahun ini dunia sedang berada dalam kegelapan dan kekelaman meliputi bangsa-bangsa. Kita percaya kalau saat ini kita ada sebagaimana kita ada, ini adalah berkat kemurahan Tuhan semata-mata sebab terang-Nya yang telah turun atas kita. Tapi kemuliaan dan terang yang kita alami sepanjang tahun ini, belumlah ada apa-apanya. Ini baru awalan dan pemanasan saja. Ini baru “Yohanes yang membuka jalan.” Tetaplah percaya, di penghujung tahun ini TERANG YANG SESUNGGUHNYA akan datang bagi kita yang tetap setia menanti-nantikannya. Tetaplah berdoa, tetap berusaha. Bangkit dan bergerak dalam rencana Tuhan. Kemuliaan yang sesungguhnya telah datang membawa menggenapan Yesaya 60 terjadi dalam hidup kita.

RENUNGAN

Penghujung tahun adalah MOMEN NATAL, saatnya TERANG YANG SESUNGGUHNYA datang.

APLIKASI

1. Terang dan kemuliaan Tuhan apa saja yang telah Anda alami sepanjang tahun ini?
2. Tahukah Anda bahwa itu semua baru awalnya saja?
3. Apa yang menjadi pengharapan Anda saat terang yang sesungguhnya itu datang dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih atas terang-Mu yang telah terbit atas kami sepanjang tahun 2020 ini. Walau dunia dalam kekelaman, tapi kasih setia-Mu senantiasa menerangi kami. Kami sungguh berbesar hati dan menanti-nantikan terang-Mu yang sesungguhnya datang di penghujung tahun ini. Yesaya 60, kami imani, terjadi dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!