Oksigen Bagi Manusia Roh

Renungan Keluarga Allah
Senin, 16 Mei 2016

BACAAN HARI INI

Kejadian 2:4-7

RHEMA HARI INI

Kejadian 2:7 ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.

Seorang pemuda bertanya kepada kakek tua tentang kunci sukses. Kakek tua itu mengajak pemuda tersebut ke sebuah danau, lalu tiba-tiba menekan kepala pemuda tersebut masuk ke dalam air dengan tangannya yang kuat. Tentu saja sang pemuda meronta-ronta dan berjuang supaya bisa keluar dari air. Ketika ia berhasil keluar dari air, pemuda tersebut marah dan berteriak kepada kakek tua itu, “Apa maksudmu Kek?!” Kakek itu dengan tenang menjawab, “Apa yang paling kau butuhkan ketika kepalamu masuk ke dalam air?” Pemuda itu masih dengan heran berkata, “Tentu saja udara!” Kakek itu mengangguk-angguk lalu berkata, “Seperti kamu berjuang untuk bisa mendapat udara itulah, kamu harus berjuang untuk mencapai sukses.”

Seperti itu jugalah yang harus kita lakukan supaya kita bisa sukses mengalami transformasi menjadi manusia Allah. Menginginkannya seperti kita menginginkan udara untuk kita hirup dan bernafas. Hadirat Tuhan itulah udara atau oksigen bagi manusia roh kita. Ketika kita menyediakan diri untuk dipenuhi dengan hadirat Tuhan, maka saat itulah manusia roh kita mendapatkan oksigen untuk hidup dan bertumbuh.

Seberapakah Anda menginginkan hadirat Tuhan dalam hidup Anda? Apakah Anda menginginkannya seperti Anda membutuhkan udara untuk dihirup? Ataukah Anda sama sekali tidak menghiraukan apakah manusia roh Anda butuh udara atau tidak? Sama seperti tubuh jasmani, roh kita perlu bernafas dan butuh oksigen tanpa henti untuk tetap hidup. Oksigen bagi manusia roh adalah hadirat Tuhan. Tanpa hadirat Tuhan, manusia roh kita akan sangat lemah dan keadaannya seperti orang yang mati.
Setiap hari, mulailah hari Anda dengan masuk dalam hadirat Tuhan dan mintalah supaya hadiratNya terus-menerus mengikuti dan melingkupi Anda. Mintalah kekuatan dariNya supaya Anda selalu mengarahkan iman kepadaNya. Jika Anda terus melakukan hal itu, maka manusia roh Anda akan mengambil alih kehidupan Anda dan kemenangan sudah pasti akan selalu terjadi.

RENUNGAN

Hadirat Tuhan adalah OKSIGEN bagi manusia roh kita.

APLIKASI

  1. Bagaimanakah keadaan manusia roh Anda saat ini? Penuh kekuatan atau lemah?
  2. Kesulitan apakah yang Anda alami untuk menjaga hadirat Tuhan selalu mengikuti Anda? Tuliskan komitmen Anda untuk mengatasi hal itu!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, ampuni aku jika selama ini aku mengabaikan manusia roh yang ada di dalam diriku. Berikanlah aku kekuatan untuk terus senantiasa memperhatikan kebutuhan paling penting bagi kehidupan manusia rohku, dan untuk menjaga hadiratMu selalu dalam setiap waktu. Didalam nama Tuhan Yesus kami berdoa, Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 8, Markus 2