Orang Benar Hidup Oleh Iman

Renungan Keluarga Allah
Sabtu, 4 Juni 2016

BACAAN HARI INI

Ibrani 11: 1-7

RHEMA HARI INI

Ibrani 11:1 Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Anda mungkin sering mendengar atau membaca ilustrasi dimana di sebuah desa yang tidak turun hujan dalam jangka waktu yang panjang, lalu seisi desa berkumpul untuk berdoa bersama meminta hujan kepada Tuhan. Pada hari yang ditentukan untuk doa bersama, semua orang berkumpul, tetapi hanya satu anak yang datang membawa payung … itulah Iman.

Mungkin sudah berkali-kali kita membaca ayat rhema ini, dan sudah ribuan kali kita mendengar kata ‘iman.’ Iman seharusnya berada dalam kehidupan kita sehari-hari, dalam setiap hal yang kita lakukan, putuskan atau jalani. Kualitas hidup orang benar sesungguhnya sangatlah ditentukan oleh seberapa besar iman mengisi hidup mereka. Apakah kehidupan yang penuh ketakutan, kebimbangan atau hidup yang dipenuhi damai sukacita tanpa tergantung situasi yang tengah dihadapi, apakah hidup dengan sikap positif atau mudah berburuk sangka, apakah hidup dengan ketulusan dalam mengasihi atau pamrih, semua akan bermula dari iman seperti apa yang ada dalam diri kita.

Iman adalah dasar dari pengharapan (pengharapan untuk disembuhkan, mengalami mujizat, pemulihan keluarga, multiplikasi kelompok sel, membuka kelompok sel, melayani Tuhan dan lain-lain). Iman adalah dasar pengharapan terhadap sesuatu yang Anda percayai sudah Anda miliki, bukan sesuatu yang Anda pikir miliki. Kalau Anda beriman, maka jawaban doa itu sudah Anda miliki, terobosan itu sudah Anda miliki, mujizat sudah Anda miliki. Mari pastikan bahwa iman tengah memimpin kita dalam setiap sisi kehidupan, karena orang benar itu hidup oleh iman.

RENUNGAN

Miliki keyakinan terhadap INDERA IMAN Anda, sekuat keyakinan Anda terhadap lima indera Anda yang lain.

APLIKASI

  1. Dimana letak iman kita hari ini?
  2. Seperti apa iman yang ada di dalam hidup kita?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, kami bersyukur untuk semua hal yang terjadi di dalam hidup kami. Tuhan Yesus, tambahkanlah iman kami kepada-Mu untuk memiliki pengharapan yang kuat di dalam-Mu dan percaya bahwa kami sudah menerima jawaban doa kami. Ubahlah juga diri kami agar semakin dekat pada-Mu, agar menjadi murid-Mu yang sejati! Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Lukas 12-13