ORANG YANG BIJAKSANA DENGAN WAKTU, DAPAT HIDUP SETURUT RENCANA TUHAN

RHEMA HARI INI

Amsal 6:6-8 Hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak: biarpun tidak ada pemimpinnya, pengaturnya atau penguasanya, ia menyediakan rotinya di musim panas, dan mengumpulkan makanannya pada waktu panen.

Patrick M. Morley adalah penulis buku The Man in the Mirror, yang termasuk dalam 100 buku Kristen paling berpengaruh dalam 100 tahun terakhir. Suatu hari seorang teman menjumpainya dengan marah karena semalaman berusaha menghubungi Patrick namun tidak berhasil. Patrick berusaha menjelaskan bahwa semalam ia memiliki urusan yang sangat penting untuk dibicarakan, sehingga mematikan telepon genggamnya. Temannya terus saja mengomel, sampai akhirnya Patrick berkata, “Dengar, saya akan melayanimu sampai pukul 6 sore. Lewat jam 6, saya hanya menyediakan waktu untuk keluarga saya.” Terkadang satu-satunya cara agar kita punya waktu untuk keluarga adalah memasukkannya ke dalam jadwal aktifitas. Jika tidak demikian, lama-kelamaan kita akan menjadi jauh dari kehidupan mereka.

Setiap kita memiliki waktu yang sama, 24 jam dalam sehari. Tetapi berapa banyak orang yang mengeluh tidak punya waktu untuk beribadah, tidak ada waktu untuk bersama keluarga, atau tidak ada waktu untuk melayani pekerjaan Tuhan. Sebenarnya semua tergantung pada bagaimana kita mengelola waktu untuk hal-hal yang semestinya menjadi prioritas kita.

Hari ini kita diingatkan untuk belajar bijaksana mengelola waktu dan memiliki perencanaan, sehingga kita dapat hidup seturut rencana Tuhan. Prioritaskan waktu untuk ibadah, sebab Tuhan adalah yang terutama dalam hidup kita. Setelah itu rencanakan waktu dengan seksama untuk keluarga kita, sebab segala sesuatu berawal dari keluarga. Mari belajar bahwa ada waktunya untuk
fokus pada pekerjaan kita, ada waktu untuk bermain, berkumpul dengan keluarga dan ada waktu untuk istirahat. Jika kita bisa focus dan menikmati setiap waktu yang sedang kita jalani, maka berkat-berkat Tuhan akan mengalir sesuai rencana-Nya yang mulia bagi hidup kita.

RENUNGAN

Orang yang bijaksana, PANDAI MENGELOLA waktu dan MEMILIKI PERENCANAAN, sehingga dapat hidup SETURUT RENCANA Tuhan.

APLIKASI

1. Menurut Anda, orang yang bagaimanakah yang disebut bijaksana?
2. Bagaimana cara Anda mengelola waktu dan membuat perencanaan selama ini? Sudahkah Anda memilih prioritas yang tepat?
3. Menilai kehidupan Anda sendiri, sudahkah hidup Anda saat ini berjalan seturut rencana Tuhan? Mengapa demikian?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami rindu ingin menjadi orang yang bijaksana dalam mengelola waktu. Tolong kami Bapa dalam merencanakan segala sesuatu, sehingga kami dapat hidup seturut dengan rencana-Mu. Terimakasih Bapa, di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!