Orang Yang Cakap Akan Berdiri Di Hadapan Raja-Raja

RHEMA HARI INI
Amsal 22:29 “Orang yang CAKAP dalam pekerjaannya, akan berdiri dihadapan RAJA-RAJA.”

Sekitar tahun 60-an, Houtman ZA merantau dari kampung menuju Jakarta dengan penuh harapan dan impian. Namun karen sulitnya mencari kerja di jakarta, ia menjadi pedagang asongan di lampu merah perempatan jalan raya. Ia bermimpi suatu hari ia bisa menjadi orang sukses dengan pakaian rapi dan mobil mewah seperti mobil-mobil yang sering lalu-lalang di hadapannya. Ia pun mengirim lamaran pekerjaan ke setiap gedung bertingkat. Sampai suatu hari, ia mendapat panggilan kerja dari Citibank sebagai Office Boy. Ia bersyukur dan selalu mengerjakan tugasnya dengan baik. Lalu Houtman berusaha menambah pengetahuan dengan sering bertanya mengenai istilah bank kepada para staff. Selepas jam kantor, Houtman mempelajari cara kerja mesin fotokopi di kantornya hingga akhirnya di naik pangkat menjadi tukang fotokopi. Sampai suatu saat pejabat di Citibank membuat peristiwa yang mengegerkan yaitu dengan mengangkatnya sebagai staff bank. Karena sifat pekerja keras, cepat belajar dan ringan tangan kemudian karir Houtman melesat meninggalkan staf yang dahulu mengajarinya tentang istilah bank. Lalu 19 tahun sudah sejak ia masuk sebagai Office Boy di Ctibank, Houtman mencapai jabatan tertiggi, yaitu Vice President. Sebuah jabatan puncak Citibak di Indonesia. Jabatan tertinggi Citibank sendiri berada di USA yaitu sebagai President Director. Houtman kini pensiun dengan berbagai jabatan yang pernah di raihnya yaitu menjadi staf ahli Citibank Asia Pasifik, menjadi penasihat keuangan salah satu gubernur, dan menjabat CEO di berbagai perusahaan.

Seperti halnya Yusuf, seorang yang sebelumnya mengalami keadaan diperbudak, akhirnya menjadi orang yang dipercaya oleh Firaun oleh karena hikmat dan kecakapannya, demikian pula Houtman Zainal Arifin, seorang yang kita baca kisah suksesnya hari ini. Setiap kita anak-anak Tuhan juga bisa menjadi orang-orang yang sukses dan meraih apapun yang kita impikan jika kita mau berjuang keras sesuai dengan tuntunan Tuhan atas hidup kita. Salomo menuliskan dalam Amsalnya, “Orang yang CAKAP dalam pekerjaannya, akan berdiri dihadapan RAJA-RAJA.” Hendaklah setiap kita mengejar hikmat, pengetahuan, dan kecakapan dalam setiap hal yang kita kerjakan sehingga kita bisa meraih cita-cita kita dan beroleh berkat luar biasa atas pekerjaan kita!

RENUNGAN
Orang yang CAKAP dalam pekerjaannya, akan berdiri dihadapan RAJA-RAJA (Amsal 22:29).

APLIKASI
1. Tuliskan apa saja talenta dan kemampuan Anda yang mendukung Anda untuk benar-benar menjadi orang yang cakap dalam pekerjaan Anda.

2. Hari ini, berdoalah dan meminta petunjuk serta hikmat Tuhan apa saja yang perlu kita lakukan untuk bisa menjadi cakap dalam apapun yang Anda lakukan.

DOA UNTUK HARI INI
Terimakasih TUHAN untuk janji Firman-Mu yang luar biasa atas hidup kami. Kami percaya Tuhan, tahun ini kami akan benar-benar menerima super blessing yang Engkau sediakan ketika kami bisa melakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaan tangan kami. Tuntun kami dan mampukan kami ya Bapa. Amin.