PANGKAS SEMAK DURI DAN TANAMAN LIAR DALAM HIDUP KITA

RHEMA HARI INI

Yohanes 15:2 Setiap ranting pada-Ku yang tidak berbuah, dipotong-Nya dan setiap ranting yang berbuah, dibersihkan-Nya, supaya ia lebih banyak berbuah.

Mengambil sebuah pilihan tidak pernah merupakan suatu hal yang mudah. Terlebih ketika pilihannya adalah sesuatu yang sangat kita sukai namun buruk untuk kita, dan sesuatu yang sangat tidak kita sukai namun baik untuk kita. Inilah yang dihadapi oleh Adrian, seorang pelajar SMA yang memiliki hobi bermain game online. Dalam sehari ia bisa menghabiskan waktu lebih dari 5 jam, bahkan pernah sampai 10 jam ketika hari libur. Terpengaruh oleh teman-temannya, Adrian juga sering melontarkan kata-kata kotor ketika sedang bermain game. Semua ini tentu saja mengundang omelan dan hukuman dari orangtua Adrian, tetapi Adrian dengan sembunyi-sembunyi tetap bermain game online. Akibatnya nilai Adrian merosot drastis, bahkan hampir tidak naik kelas karena tidak pernah belajar dan mengerjakan tugas.

Menjelang kelulusan, Adrian mendapat peringatan keras dari pihak sekolah, supaya ia lebih sungguh-sungguh jika masih ingin lulus. Adrian yang mempunyai cita-cita menjadi seorang pilot pun akhirnya harus menentukan pilihan. Apakah ia mau meninggalkan apa yang sangat disukainya dan mengejar impiannya, atau ia bersikeras melakukan apa yang ia suka namun kehilangan masa depannya.

Adalah permulaan yang baik jika kita sudah mengetahui semak duri dan tanaman liar apa yang kita hadapi. Mulailah dengan mengambil langkah tegas untuk MEMANGKASNYA dengan kejam. Bila kita merasa sayang dan berat melakukannya, ingatlah bahwa semak duri dan tanaman liar itu justru lebih kejam dalam menghancurkan hidup kita. Kita harus menyadari bahwa kita tidak bisa memilih semua pilihan. Kita harus tegas memilih apa yang menjadi prioritas kita dan tegas memangkas semua semak duri dalam hidup kita, sekalipun itu rasanya menyenangkan buat kita. Pangkas semua yang tidak perlu, pangkas semua yang menghabiskan waktu kita dengan sia-sia dan malah membuat kita mengalami kesulitan karenanya. Dengan mengurangi semua hal yang tidak efektif dan merugikan dalam hidup kita dan menggantinya dengan hal-hal yang produktif dan membangun, maka hidup kita pasti akan berbuah lebih lebat. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

Mulailah ambil langkah dengan tegas untuk MEMANGKAS SEMAK DURI dan TANAMAN LIAR yang kita hadapi dengan kejam.

APLIKASI

1. Adakah hal-hal yang begitu Anda sukai namun mengganggu pertumbuhan dan produktifitas Anda? Apa sajakah itu?
2. Kerugian apa saja yang akan Anda alami jika Anda terus melakukannya?
3. Bagaimana langkah awal Anda untuk mulai memangkas dengan kejam semak duri dan tanaman liar dalam hidup Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, kami mengucap syukur Engkau telah mengingatkan kami pada hari ini. Untuk kami bersegera memangkas semua hal yang tidak berguna dan mengganggu pertumbuhan kami dengan tegas. Dengan kekuatan dari-Mu kami percaya, kami akan sanggup melakukannya. Terimakasih Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!