PEGANG JANJI TUHAN DAN BANGKIT DALAM IMAN [RESIKA]

BACAAN HARI INI

Ibrani 10:19-39

RHEMA HARI INI

Ibrani 10:35 Sebab itu janganlah kamu melepaskan kepercayaanmu, karena besar upah yang menantinya.

Ayam adalah salah satu jenis hewan yang bisa dibilang ada di hampir seluruh bagian dunia. Suara ayam, terutama ayam jantan, sangat mudah dikenali dan menjadi alarm alami yang membangunkan orang di pagi hari. Ya, tanpa ada yang menyuruhnya, setiap subuh menjelang pagi sebelum matahari terbit, ayam jantan hampir selalu berkokok. Mengapa demikian? Para peneliti dan ahli unggas telah mempelajari hal ini, dan rupa-rupanya ayam jantan berkokok di pagi hari karena meresponi pergantian cahaya dari gelap menjadi terang.

Namun ada sebuah fakta lain yang menunjukkan bahwa ayam berkokok menjelang pagi hari, tidak semata-mata meresponi pergantian cahaya saja. Tetapi karena ayam juga memiliki jam internal biologis yang membuatnya mengetahui kapan pagi akan datang. Bahkan ketika para peneliti mengadakan uji coba dengan meletakkan ayam-ayam di tempat gelap pun, ayam-ayam itu tetap saja berkokok di saat matahari hendak terbit. Sebab sekalipun tidak dapat melihat cahaya matahari tapi secara naluri, ayam-ayam itu tahu bahwa matahari akan senantiasa terbit. Dan sekalipun tidak dapat melihat terangnya, tetapi ayam-ayam itu tahu bahwa terang itu ada.

Jika ayam saja memiliki keyakinan yang teguh dan “menyerukannya” dengan kokokan, bagaimana dengan kita sebagai anak-anak Tuhan? Di tengah kegelapan mencekam yang seperti tak ada ujungnya, masihkah kita memiliki iman bahwa terang Tuhan pasti akan datang? Kita bisa begitu yakin bahwa matahari pasti akan terbit esok hari, dan terangnya begitu nyata terlihat oleh kita. Jika kita ingat siapa yang menciptakan matahari, maka kita pun boleh menaruh kepercayaan penuh bahwa Tuhan dan terang-Nya itu NYATA dan ADA, sekalipun mungkin saat ini kita belum dapat melihatnya. Pegang teguh janji Tuhan tentang tahun kemuliaan, bangkitlah dalam iman. Apapun yang terjadi, janji Tuhan tak akan tergoyahkan. Seperti matahari yang tak akan terlambat bersinar, terlebih lagi Tuhan tak akan terlambat untuk menyatakan terang pelangi kemuliaan-Nya.

RENUNGAN

Pegang teguh janji Tuhan tentang tahun kemuliaan, dan BANGKITLAH DALAM IMAN.

APLIKASI

  1. Masihkah Anda memegang teguh janji Tuhan pasti akan digenapi dalam hidup Anda?
  2. Apa yang terkadang membuat Anda menjadi kurang percaya?
  3. Apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat Anda bangkit dalam iman?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan, ampuni kami anak-Mu yang terkadang terlalu melihat pada kondisi yang ada. Kami mau bertobat dan mengarahkan pandangan dan fokus kami senantiasa kepada janji-Mu saja. Karena kami percaya bahwa janji-Mu adalah ya dan amin. Terang kemuliaan-Mu pasti Kau nyatakan atas setiap kami. Terimakasih Tuhan, di dalam nama-Mu Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”