PEKERJAAN ROH KUDUS DALAM DIRI MANUSIA

RHEMA HARI INI

Yohanes 16:7 7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. 8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;

Keinginan untuk membalas ketika kita disakiti adalah sebuah dorongan atau naluri yang secara otomatis muncul ketika kita merasakan sakit. Awalnya mungkin kita masih bisa menahan diri atau berusaha menghindar, tetapi jika serangan yang menyakitkan itu terjadi terus-menerus, perasaan ingin sekali membalas akan timbul. Itulah yang dialami oleh Shena, kerap kali hatinya sakit oleh perlakuan Dewi rekan sekerjanya. Dewi yang selalu merasa dirinya paling benar dan paling pintar, tak segan-segan mengkritik pekerjaan Shena di depan banyak orang. Perkataan Dewi yang kasar dan kelakuannya yang seringkali tidak menghargai perasaan orang lain membuat Shena lama-kelamaan naik darah, sebab tak sekali dua kali Dewi menyerangnya dengan kata-kata pedas. Ia menjadi sangat tergoda untuk balas menyerang dan menyakiti hati Dewi.

Tetapi suara lembut dari dalam hatinya, mengingatkan Shena, agar ia tidak membalas perbuatan temannya. Walaupun Shena sempat berdebat dengan suara dari hatinya itu sendiri, namun pada akhirnya Shena menyerah saat suara itu mengingatkan bahwa pembalasan bukanlah haknya, melainkan milik Tuhan (Roma 12:19). Shena hanya mampu berkata dalam hatinya agar Roh Kudus menolong membuang rasa amarah dan sakit dari dalam dadanya. Shena pun tak perlu waktu lama untuk kembali merasakan sukacita dan damai meskipun ia tidak membalas sedikitpun perbuatan Dewi yang menyakitkan hatinya.

Mungkin kita pun pernah mengalami hal serupa. Ketika kita hendak melakukan hal yang jahat di mata Tuhan, ada sebuah suara dalam hati kita yang mengingatkan bahwa hal ini tidak benar dan tidak boleh kita lakukan. Ya, itulah suara Roh Kudus yang tinggal di hati setiap kita anak-anakNya. Salah satu pekerjaan-Nya adalah menginsafkan kita akan dosa, kebenaran dan penghakiman. Jika kita mendengar suara-Nya, janganlah kita mengabaikan-Nya, sebab jika demikian lama-kelamaan roh kita akan menjadi tuli dan kehilangan kepekaan terhadap suara Roh Kudus yang menyelamatkan. Belajarlah untuk dengar-dengaran dan taat pada tuntunan Roh Kudus supaya hidup kita menjadi semakin kudus, semakin berkenan dan anugerah-Nya pun akan semakin melimpah dalam hidup kita. (PF)

RENUNGAN

Salah satu PEKERJAAN Roh Kudus dalam diri manusia adalah untuk MENGINSAFKAN dunia akan DOSA, KEBENARAN, dan PENGHAKIMAN.

APLIKASI

1. Pernahkah Anda merasakan pekerjaan Roh Kudus dalam diri Anda? Dalam hal apakah itu?
2. Bagaimana tindakan Anda untuk meresponinya saat itu?
3. Apa yang akan Anda lakukan agar Anda semakin peka akan pekerjaan Roh Kudus dalam diri Anda?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan Yesus, terimakasih Engkau telah menganugerahkan kepada kami seorang penolong yang selalu mengingatkan kami jika hendak melakukan kesalahan. Kami mau belajar taat dan dengar-dengaran pada Roh Kudus, sebab hanya dalam tuntunan-Nya kami akan beroleh kasih karunia dan keselamatan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!