Pemakan dan Penabur

Renungan Keluarga Allah
Senin,22 Februari 2016
http://cya.nz/reka22feb2016

BACAAN HARI INI

2 Korintus 9:6-15

RHEMA HARI INI

2 Korintus 9:10 Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu

Dalam terjemahan lain dari ayat ini dijelaskan bahwa Allah memberikan benih untuk ‘penabur’ dan roti untuk ‘pemakan.’ Istilah-istilah ini merupakan kiasan untuk berbicara tentang bagaimana Allah memberikan ekstra bagi orang-orang yang suka memberi, dan hanya mencukupi kebutuhan dasar orang-orang yang hanya menggunakan berkat untuk dirinya sendiri.

‘Pemakan’ adalah mereka yang menggunakan keuangan mereka terutama untuk kebutuhan mereka. ‘Penabur’ adalah mereka yang menggunakan keuangan mereka terutama untuk menjadi berkat. Mereka yang menginginkan lebih banyak uang sehingga mereka bisa mendapatkan lebih banyak barang adalah ‘pemakan.’ Mereka yang menginginkan lebih banyak uang sehingga mereka dapat memberikan lebih banyak disebut ‘penabur.’

Tentu saja, penabur butuh makan juga, maka sementara berkat mengalir melalui hidupnya, ia juga akan mengalami berkat yang berkelimpahan. Sementara ‘pemakan’ selalu berfokus pada apa yang mereka butuhkan, dan karena itu, Allah tidak memberi mereka berkelimpahan, sebab mereka hanya akan menghabiskan untuk diri mereka sendiri.

Banyak orang percaya kemakmuran adalah tentang memiliki segala hal yang diinginkan. Namun sesungguhnya, kemakmuran yang Alkitab ajarkan adalah bisa menjadi berkat bagi orang lain. Jika Anda seorang penabur, Tuhan akan memberkati Anda dengan keuangan yang super berkelimpahan, yang bukan hanya akan mencukupi kebutuhan Anda saja tetapi memungkinkan Anda untuk memberi seperti yang Anda inginkan. Allah akan memastikan bahwa penabur punya uang yang berlimpah untuk menabur dan menjadi berkat.

RENUNGAN

Di dalam setiap berkat yang kita terima, ada bagian ‘ROTI UNTUK DIMAKAN’ dan ada bagian ‘BENIH UNTUK DITABUR.’

APLIKASI

Bagaimana Anda akan membangun diri Anda menjadi seorang penabur yang bisa menjadi berkat yang besar?

DOA UNTUK HARI INI

Terimakasih Tuhan atas pengertian yang luar biasa yang Engkau bukakan bagi kami. Kerinduan hati kami adalah supaya kami bisa Engkau pakai menjadi penabur-penabur yang setia menjadi berkat bagi pekerjaan-Mu dan orang-orang di sekeliling kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

2 Tawarikh 28
2 Raja 16-17