Pemimpin Yang Takut Akan Tuhan

RHEMA HARI INI
Mazmur 25:12 Siapakah orang yang takut akan TUHAN? Kepadanya TUHAN menunjukkan jalan yang harus dipilihnya.

Bagi Rakyat Amerika Serikat, Abraham Lincoln (1809-1865) bukan sekedar bapak bangsa yang berani dan teguh memperjuangkan kesetaraan, namun juga karakter yang diperjuangkan lewat asam garam keberhasilan dan kegagalan. Lincoln sering mengalami kegagalan, baik dalam politik maupun bisnis. Namun, dia sungguh-sugguh lelaki tangguh, seakan-akan dikamusnya tidak ada kata menyerah. Lincoln memulai manjajaki dunia politik pada 1832, saat dia berusia 23 tahun. Lincoln mengikuti pemilihan anggota majelis umum di Negara bagian IIIiois, namun gagal. Dua tahun kemudian dia kembali bergabung ke dalam kancah dunia politik sebagai anggota DPR, kali ini perjuangannya berbuah kesuksesan, Lincoln memenangkan pemilihan. Sejak itu Lincoln memperdalam ilmu hukumnya dan mendapatkan lisensi sebagai pengacara. Lalu, bergabung dengan William Herdon membangun sebuah firma hukum. Lincoln berhasil terpilih menjadi anggota DPR selama empat kali berturut-turut. Saat usianya menginjak 31 tahun, Lincoln mengikuti pemilihan anggota Senat, namun kalah. Seolah kata kapok itu tidak pernah tercantum, dua tahun kemudian Lincoln mengikuti pemilihan anggota Kongres, hasilnya, gagal kembali. Bagi orang lain dua kegagalan mungkin sudah mencukupi, namun tidak dengan Lincoln. Pada 1854, Lincoln kembali ke kancah politik dengan membawa misi menentang perbudakan. Itulah kali pertama Lincoln membawa sesuatu yang berbeda. Kala itu Amerika dilanda perang saudara antara pihak selatan dan utara. Terutama pihak Utara. Lincoln merasa perbudakan tidak sesuai dengan Amerika. Terlihat banyaknya eksploitasi manusia membuat Abraham Lincoln tergerak. Dia pun mengumandangkan perang politiknya terhadap perbudakan dan cita-citanya itulah yang membawanya berhasil meraih tampuk sebagai pimpinan nomor satu di Amerika Serikat. Lincoln juga yang berhasil mendamaikan perang saudara dan juga berhasil membuat dekrit yang isinya perjanjian untuk mempersatukan Amerika kedalam satu kesatuan. Keberhasilannya sebagai penentang perbudakan, ditambah lagi dengan kebijaksanaan, dan kekuatan prinsipnya membuatnya semakin disegani sebagai seorang Presiden. Harus diakui, walau Lincoln sudah meninggal, namun semangat dan prinsipnya terhadap kemanusiaan sebagai Presiden Penentang Perbudakan tetap hidup sampai sekarang.
Salah satu perkataan Abraham Lincoln yang terkenal tentang Firman Tuhan/Alkitab adalah: “Saya percaya bahwa Alkitab adalah pemberian terbaik yang pernah Tuhan berikan kepada manusia. Semua kebaikan dari Juru Selamat dunia dikomunikasikan kepada kita melalui buku ini.” Itulah sebabnya ia menjalankan roda pemerintahannya dengan berdasarkan apa yang Firman Tuhan tuliskan, sehingga Tuhan membuatnya berhasil dalam pemerintahannya. Untuk bangsa kita Indonesia, pilihlah para pemimpin yang memiliki kepribadian yang takut akan Tuhan, sehingga ia menjalankan roda pemerintahan dengan jujur, adil, dan untuk kepentingan rakyat.

RENUNGAN
Pemimpin yang TAKUT AKAN TUHAN adalah pemimpin yang BERKARAKTER baik, INTEGRITASNYA tidak perlu dipertanyakan lagi, dan track recordnya BERSIH.

APLIKASI
1. Bagaimana kita bisa mengetahui bahwa calon pemimpin tersebut takut akan Tuhan atau tidak ?
2. Menurut saudara, apa ciri-ciri pemimpin yang takut akan Tuhan ?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan mampukan kami memilih seorang pemimpin bangsa yang takut akan Engkau supaya bisa mendatangkan kebaikan dan kemajuan bagi bangsa kami Indonesia. Terimakasih Tuhan. Amin.