Penentu Level Otoritas Keuangan

ReKA Video

 

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
Ulangan 8:11-20

RHEMA HARI INI
Ulangan 8:18 Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

Saat kegagalan demi kegagalan membentur hidup kita, mudah bagi kita untuk menjadi kecewa dan bahkan menyalahkan Tuhan. Namun tidak demikian dengan William Colgate. Saat seorang teman menasihatinya, “Berikan hatimu pada Tuhan. Berikan juga kepada Tuhan apa yang menjadi hak-Nya. Buatlah sabun dengan sepenuh hati, dan kau akan menjadi pembuat sabun ternama di New York,” ia pun menurutinya. Sejak itu William mulai belajar hidup dekat dengan Tuhan, dan mulai setia mengembalikan persepuluhan. Ia percaya, dengan melakukannya berarti ia mengakui bahwa Tuhanlah penyedia segala sesuatu dalam hidupnya. Termasuk kesempatan-kesempatan yang didapatkannya dan juga bahan-bahan yang dipakainya dalam membuat produk.

Seiring waktu, ia pun menguasai pasar sabun tangan, sabun toilet dan sabun cukur. Sebagai ungkapan syukur dan kasihnya yang semakin berkembang kepada Tuhan, ia pun mempraktikkan pemberian yang meningkat dari waktu ke waktu. Bukan hanya 10% dari penghasilannya lagi, tetapi persembahannya menjadi 20%, 30%, sampai 50%. Belum lagi persembahan khusus berupa dana sosial, dana pendidikan, kegiatan misionaris, pengelolaan lembaga Alkitab, dan masih banyak lagi. Tuhan pun tidak mau berhutang, sejak berdirinya dari tahun 1806 sampai sekarang, Dia membuat perusahaan Colgate menjadi salah satu perusahaan paling sukses di Amerika.

Saat ini adakah di antara kita merasa jatuh bangun dalam hal keuangan? Ketahuilah, sikap hati kita menentukan rancangan berkat Tuhan bagi kita. Jangan menyerah, belajar hidup dekat dengan Tuhan, dan kasihi Tuhan dengan segenap hati. Itu adalah modal paling penting untuk mencapai sukses dalam bidang keuangan. Bangkit, kerjakan lagi bagian kita, Tuhan yang melihat hati kita pun akan membela kita. Saat Tuhan mencurahkan mujizat keuangan besar-Nya, jangan alihkan hati kita. Teruslah mengasihi Tuhan dengan sepenuh hati, dan kita akan menjadi saksi tentang apa yang bisa Dia kerjakan bagi orang yang mengasihi-Nya dengan sepenuh hati. Amin.

RENUNGAN
LEVEL OTORITAS KEUANGAN yang Tuhan percayakan kepada kita ditentukan oleh LEVEL KASIH kita kepada Tuhan.

APLIKASI
1. Menurut Anda, sudahkah Anda mengasihi Tuhan melebihi segala berkat yang Anda nantikan? Mengapa demikian?
2. Mengapa level otoritas keuangan ditentukan oleh level kasih kita kepada Tuhan?
3. Bagaimana Anda dapat meningkatkan level kasih Anda kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih atas besar kasih-Mu atas kami. Kami pun mau mengasihi Engkau dengan segenap hati kami, tak peduli apa pun kenyataan yang harus kami hadapi. Engkaulah yang terutama dan pertama. Kami percaya, karena kasih-Mu, Engkau akan mengarahkan langkah kaki kami ke bawah tingkap-tingkap langit-Mu yang akan Engkau bukakan bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.