Pengalaman Menakjubkan Bersama Roh Kudus

RHEMA HARI INI
Mazmur 25:14 TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian-Nya diberitahukan-Nya kepada mereka.

Sebuah buku klasik tentang belajar bagaimana mengembangkan percakapan yang terus-menerus dengan Allah adalah Practicing the Presence of God. Buku tersebut ditulis pada abad ke-17 oleh Brother Lawrence, seorang juru masak sederhana dari sebuah biara Perancis. Brother Lawrence mampu mengubah tugas-tugas yang paling umum dan kasar sekalipun, seperti menyediakan makanan dan mencuci piring, menjadi tindakan pujian dan persekutuan dengan Allah. Kunci menuju persahabatan dengan Allah menurut dia, adalah tidak mengubah apa yang Anda kerjakan, tetapi mengubah sikap Anda terhadap apa yang Anda lakukan. Apa yang biasanya Anda kerjakan bagi diri Anda sendiri, mulailah melakukannya bagi Allah, entah itu makan, mandi, bekerja, atau membuang sampah. Saat ini seringkali kita merasa kita harus “menghindar” dari rutinitas harian kita untuk menyembah Allah, tetapi itu hanya karena kita belum belajar mempraktikan kehadiran-Nya sepanjang waktu. Brother Lawrence merasa mudah untuk menyembah Allah melalui tugas-tugas kehidupan yang biasa; dia tidak harus pergi mengikuti retret rohani yang khusus.

Inilah idaman Allah. Di Eden, penyembahan bukanlah suatu acara untuk dihadiri, tetapi suatu sikap yang berkesinambungan; Adam dan Hawa ada dalam persekutuan yang terus-menerus dengan Allah. Karena Allah bersama Anda sepanjang waktu, tidak ada tempat yang lebih dekat kepada Allah daripada dimana Anda berada sekarang. Alkitab berkata, “Allah menguasai semua dan berada dimana-mana dan di dalam semua.” Mempraktikkan kehadiran Allah merupakan suatu keterampilan, sebuah kebiasaan yang bisa Anda kembangkan. Sama seperti musisi berlatih alat musik setiap hari agar dapat memainkan alunan yang indah dengan mudah. Anda harus memaksa diri Anda untuk berpikir tentang Allah setiap saat dalam hari Anda. Anda harus melatih pikiran Anda untuk mengingat Allah. Awalnya Anda perlu membuat pengingat, untuk membawa pikiran Anda terus-menerus kembali kepada kesadaran bahwa Allah ada bersama Anda pada saat itu. Mulailah dengan menempatkan pengingat-pengingat yang bisa dilihat di sekeliling Anda. Anda dapat memasang catatan-catatan kecil yang berkata, “Allah bersamaku dan memihakku sekarang!” Biarawan-biarawan Benediktin menggunakan jam yang berdentang setiap jamnya untuk mengingatkan mereka agar berhenti sebentar dan memanjatkan “doa jam itu.” Jika Anda memiliki jam atau telepon seluler dengan sebuah alarm, Anda bisa melakukan hal yang sama. Yang menjadi sasaran Anda bukanlah perasaan, melainkan suatu kesadaran yang terus-menerus akan kenyataan bahwa Allah selalu ada. Inilah gaya hidup penyembahan yang akan menghasilkan pengalaman-pengalaman menakjubkan bersama Roh Kudus.

RENUNGAN
Ketika kita punya HUBUNGAN YANG AKRAB dengan Tuhan, maka kita akan mengalami PENGALAMAN-PENGALAMAN MENAKJUBKAN bersama Roh Kudus.

APLIKASI
1. Sejauh ini, bagaimana hubungan anda dengan Tuhan?
2. Pengalaman-pengalaman luarbiasa seperti apa yang anda alami bersama Tuhan setelah anda menjalin hubunan dengan Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa semakin hari kami ma uterus menjalin hubungan yang akrab dengan Engkau agar pengalaman-pengalaman yang luarbiasa dapat kami alami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN :
Keluaran Pasal 39-40
Matius Pasal 23 ayat 23-39