PENGAMPUNAN AKAN MENGEMBALIKAN APA YANG SEMPAT HILANG AKIBAT DOSA [RESIKA]

BACAAN HARI INI

2 Tawarikh 7:11-22

RHEMA HARI INI

2 Tawarikh 7:14 dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Sudah beberapa bulan bu Anis tidak bisa beraktivitas secara normal. Kedua kakinya tak mampu menopangnya untuk berdiri. Bu Anis harus menggunakan kursi roda jika hendak pergi kemana-mana. Tapi belakangan, bu Anis tampaknya telah kehilangan semangat. Ia hanya tergolek saja di pembaringannya. Tubuhnya makin kurus dan lemah karena bu Anis pun tak lagi berselera untuk makan. Dokter kesulitan untuk menemukan sumber penyakit yang di derita bu Anis, sebab dari hasil pemeriksaan, semuanya normal.

Pak Joko, suami bu Anis, akhirnya menceritakan apa yang dialami istrinya kepada KKS mereka. Bu Anis memiliki usaha catering yang cukup sukses. Ia dibantu oleh sepupunya yang juga sekaligus orang kepercayaannya. Sampai suatu kali bu Anis menerima kabar, seluruh pesanan dalam jumlah besar dibatalkan. Usut punya usut, ternyata sepupu bu Anis menawarkan harga yang jauh lebih murah dan mengambil alih pesanan. Bukan hanya itu, pelanggan yang lain pun banyak yang beralih pada sepupu bu Anis. Sejak peristiwa itu, bu Anis jatuh sakit. Dan pada suatu hari ia tiba-tiba mengalami kelumpuhan. Dari situlah KKS mereka menjelaskan bahwa kemungkinan sakit bu Anis disebabkan oleh kepahitan hati. Mereka berdoa bersama-sama agar bu Anis bisa melepaskan pengampunan pada sepupunya. Kesehatan bu Anis berangsur pulih dan kini sudah bisa belajar berjalan secara normal.

Kita telah belajar bersama bahwa semua berkat yang baik dan sempurna datangnya dari Tuhan (Yakobus 1:17). Itu sebabnya saat kita melakukan sesuatu yang berlawanan dengan kehendak Tuhan atau yang disebut berdosa, maka kita akan kehilangan penyertaan dan perkenanan Tuhan. Sakit hati atau kepahitan juga merupakan sebuah dosa yang tersimpan jauh di dalam hati. Jika dibiarkan akan mengakar semakin dalam dan menyebabkan berbagai sakit penyakit. Kita kehilangan kesehatan yang sangat berharga dan berguna untuk melakukan kehendak Bapa. Hari ini, jika ada yang masih menyimpan kepahitan, bukalah hati kita lebar-lebar. Biarkan angin Roh Kudus dari barat menyapu bersih setiap tumpukan sampah kebencian, sakit hati, kemarahan dan kekecewaan. Membersihkan dan menguduskan hati kita dengan pengampunan dari Tuhan. Sehingga kita siap menerima kembali kesehatan dan berkat-berkat lain dari Tuhan.

RENUNGAN

PENGAMPUNAN akan MENGEMBALIKAN segala sesuatu yang seharusnya menjadi MILIK KITA, yang sempat HILANG AKIBAT DOSA.

APLIKASI

  1. Coba periksa diri Anda, apakah yang terhilang dari hidup Anda akibat dosa?
  2. Sudahkah Anda menerima dengan iman, pengampunan dan pemulihan yang telah Tuhan sediakan?
  3. Apa komitmen Anda untuk senantiasa menjaga hidup dan hati Anda dari perbuatan dosa?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, terimakasih atas pengampunan yang telah Engkau sediakan melalui pengorbanan darah anak-Mu yang tunggal Yesus Kristus. Kami terima dengan iman, pengampunan dan pemulihan dalam hidup kami. Mampukan kami untuk mengampuni yang telah bersalah kepada kami seperti Engkau telah mengampuni kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.