Pengampunan Membawa Pemulihan

RHEMA HARI INI
Kolose 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Ternyata di balik sebuah lagu ” Sentuh Hatiku ” ada Kisah Nyata tentang Pengampunan yang luar biasa. Lagu ini adalah Kisah Nyata seorang gadis yang harus menghadapi perjuangan hidup yang sangat berat. Hal itu tercermin dari keinginannya untuk bunuh diri. Dia ingin menyayat nadi tangannya karena tidak sanggup menghadapi beban hidupnya yang berat. Ketika ia masih duduk di bangku SMP, ia sudah hamil di luar nikah, dan yang mengejutkannya lagi, ia hamil karena diperkosa oleh nafsu ayahnya sendiri. Sejak itu pun, ia dibelenggu oleh ayahnya sendiri di sebuah perkebunan dengan rantai besi agar perbuatannya tidak diketahui orang banyak selama 13 Tahun. Tetapi, dalam kesendiriannya saat itu, dia tahu ada Seseorang yg menyentuh hatinya dengan kuat. Seseorang yang ia tahu adalah Tuhan Yesus. Selama 13 tahun ia dibelenggu, ia memberikan kesaksian bahwa ia selalu kecewa dengan Tuhan, yang membiarkannya mengalami hal itu. Tapi, akhirnya ia sadar bahwa ternyata Kasih Tuhan adalah yang terbaik bagiNya. Selama 13 tahun itupun, sebenarnya ayahnya terkena serangan stroke. Sehingga sulit untuk berjalan, bahkan tidak dapat berbicara lagi. Tapi, berkat kuasa Tuhan, ia sadar, bahwa sebuah kasih yang murni itu adalah kasih yang mau mengampuni. Katanya memang berat untuk mengampuni orang yang sudah berbuat jahat dengan kita. Apalagi yang melakukannya adalah ayahnya sendiri. Tapi, lagi-lagi berkat kasih Tuhan, ia sadar. Kasih murni adalah kasih yang mengampuni. Selama 13 tahun berlalu dengan sikap yang sulit mengampuni. Akhirnya ia mengerti bahwa kasih itu adalah kasih yang mengampuni. Dan ia pun rela memeluk ayahnya yang sedang sakit, dan membisikkan kepada ayahnya, “Ayahku…, aku mengampuni ayah. Aku minta maaf kepadamu selama ini sulit untuk mengampuni ayah.”
Kita adalah manusia berdosa, tetapi yang luar biasa adalah bukannya Tuhan menghukum kita, tapi Tuhan malah turun ke dunia untuk mengampuni, sehingga kita tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Karena pengampunan Tuhan, hidup kita diubahkan. Dalam kisah di atas, hubungan antara ayah dan anak dipulihkan karena pengampunan. Hidup kita di masa lalu yang kelam, sekarang punya masa depan yang penuh pengharapan. Hidup kita dulu dibelenggu kutuk, sekarang dimerdekakan, diberkati, bahkan menjadi berkat. Hidup kita dulu dalam cengkeraman sakit penyakit, sekarang disembuhkan. Hidup kita dulu di keluarga yang hancur, sekarang menjadi keluarga yang sukses dan bahagia. Marilah kita mengampuni sebab pengampunan selalu membawa perubahan dan pemulihan. (ABU)

RENUNGAN
PENGAMPUNAN selalu membawa PERUBAHAN dan PEMULIHAN. Sudahkah Anda mengampuni?

APLIKASI
1. Bagaimana hubungan anda dengan orang lain apakah ada yang perlu dipulihkan ?
2. Apakah anda sudah mengampuni dan apa yang terjadi setelah anda mengampuni ?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus kami mau belajar untuk mengampuni karena pengampunan membawa perubahan dan pemulihan bagi setiap kami Tuhan. Amin