Penggelaran Dan Pembentukan Sebelum Penggenapan

Renungan Keluarga Allah
Kamis, 08 Desember 2016

BACAAN HARI INI

Yesaya 55:3-13

RHEMA HARI INI

Yesaya 55:8 Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.

Seorang mahasiswa mendapatkan gelar sarjana tekniknya sesudah menyelesaikan semua mata kuliah pada program studinya, dan juga lulus sidang skripsi. Setelah beberapa tahun bekerja di bidangnya, barulah ia bisa menyebut dirinya seorang insinyur. Ia mendapatkan gelar pendidikan dan gelar pekerjaan karena usaha dan pencapaian yang SUDAH ia lakukan dalam pendidikan dan pekerjaannya. Ada proses pembentukan terjadi sebelum gelar diberikan.

Namun, rancangan dan jalan Allah sungguh berbeda dari manusia. Allah terlebih dulu menggelari manusia sebelum menggenapi janji-Nya. Allah menggelari Abraham dan Sara sebagai bapa banyak bangsa dan ibu bangsa-bangsa ketika Abraham berusia 90 tahun dan mereka belum mempunyai satu anak pun. Malaikat Tuhan menggelari Gideon sebagai pahlawan yang gagah berani ketika Gideon sedang mengirik gandum di tempat pemerasan anggur karena takut ketahuan oleh orang Midian (Hak. 6:11-12). Allah menggelari Abraham, Sara, dan Gideon sebelum janji tersebut tergenapi dalam kehidupan mereka; karena Allah ingin mereka mengambil satu langkah iman, yaitu percaya kepada perkataan Allah. Tanpa melihat kondisi jasmani dan sekeliling mereka pada saat itu. Sebab hanya imanlah yang bisa menarik kuasa Allah. Sesudah menggelari mereka, tentu saja Allah ingin memastikan apakah Abraham, Sara, atau Gideon sudah siap untuk menerima janji Allah tersebut. Rentang waktu antara pemberian gelar dan penggenapan janji Allah sebenarnya adalah waktu yang Allah gunakan untuk membentuk karakter mereka. Ada proses yang harus mereka lalui untuk memiliki karakter seperti yang Allah inginkan. Ketika proses pembentukan karakter itu selesai, janji Allah pun digenapi.

Saat ini, Saudara mungkin sedang menanti-nantikan penggenapan janji Allah. Ada yang menantikan anak, pemulihan fisik atau mental, keselamatan bagi seluruh penghuni rumah, pemulihan keadaan keuangan, maupun berkat-berkat lainnya. Jangan tawar hati. Gelari diri Saudara dengan apa yang Firman Tuhan katakan tentang Saudara. Allah pasti menggenapi janji-Nya pada Saudara. Yang Dia lakukan saat ini adalah membentuk Saudara menjadi bejana-Nya dengan tangan-Nya.

RENUNGAN

BERBEDA dengan manusia, Allah menggelari kita SEBELUM JANJI-NYA TERGENAPI dalam hidup kita.

APLIKASI

  1. Apa saja janji Tuhan yang Saudara tangkap dalam hidup Anda?
  2. Sudahkah Tuhan menggenapi janjiNya?
  3. Jika ya, seperti apakah proses pembentukan yang Saudara sudah lalui? Karakter apakah yang Tuhan inginkan di dalam Saudara? Bagikan!
  4. Jika belum, terus tinggal di dalam Tuhan sampai janji-Nya digenapi!

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih karena Engkau telah memilih kami untuk menjadi milik-Mu. Mohon ajarilah kami untuk tetap setia dan teguh menantikan penggenapan janji-Mu dalam hidup kami. Mampukan kami, Tuhan, untuk memiliki karakter seperti Engkau. Kami mau memuliakan Nama-Mu melalui hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.“

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Mazmur 1-2, 15, 22-24, 47, 68