Penghalang Berkat Allah

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Ayub 20-21
Kisah Para Rasul 10:24-48

BACAAN HARI INI

Galatia 6:1-10

RHEMA HARI INI

Galatia 6:7 Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya.

Tomo adalah seorang anak muda yang punya banyak keinginan dan impian. Sehari-harinya ia bekerja menjaga kios seluler kecil di sebuah kota. Sebenarnya, Tomo bukannya tidak berdoa meminta pekerjaan yang lebih baik kepada Tuhan. Ia sudah sering berdoa meminta agar kehidupan ekonominya membaik. Ia juga rindu memiliki pasangan hidup seperti teman-temannya yang lain. Akan tetapi, doanya seolah-olah tidak dijawab oleh Tuhan dan kehidupannya hanya begitu-begitu saja.

Meskipun sering ke gereja dan berdoa, ternyata Tomo masih memiliki kebiasaan merokok. Sedari SMA ia sudah merokok dan tidak sadar ia sedang berkompromi atas dosa yang dianggapnya kecil itu. Hingga suatu kali, seorang teman mengingatkan bahwa tubuhnya adalah bait Allah yang harus ia jaga kekudusannya. Tomo pun memutuskan untuk berhenti merokok. Tak butuh waktu lama, beberapa tawaran pekerjaan mulai mendatanginya. Lalu ia mulai berkenalan dengan seorang gadis yang kemudian menjadi istrinya. Singkat cerita, kehidupan ekonomi Tomo membaik dan diberkati Tuhan. Ia juga dipakai Tuhan untuk menjangkau jiwa-jiwa bersama dengan istrinya.

Terkadang, kita mungkin tidak menyadari apa yang menjadi kenikmatan dunia yang ternyata adalah dosa. Kita begitu terlena dan menganggapnya hanya sebuah kebiasaan saja. Ketahuilah, selama kita masih menikmati dosa, kita tidak bisa menikmati berkat Allah. Berkat Allah dikhususkan hanya untuk orang benar. Berkat Allah hanya diistimewakan untuk orang saleh dan jujur. Berkat Allah hanya diperintahkan datang pada orang-orang yang takut akan Tuhan dan menjauhi kejahatan. Selama kita masih dikuasai oleh dosa, semua doa dan persembahan kita kepada Tuhan menjadi sia-sia dan tidak ada artinya di hadapan Allah. Seolah-olah firman Tuhan salah dan tidak berkuasa, padahal kita sendiri yang menyebabkan berkat Allah tidak mungkin datang dalam hidup kita. Oleh karena itu, tinggalkan dosa yang memisahkan kita dengan Allah. Ketika kita meninggalkan dosa, kita akan menjadi anak kesayangan-Nya dan Tuhan berkenan melimpahkan berkat-Nya yang besar dalam hidup kita. Teruslah hidup dalam perjanjian berkat dengan Tuhan. (LEW)

RENUNGAN

SELAMA kita masih menikmati dosa, kita TIDAK BISA menikmati berkat Allah.

APLIKASI

1. Dosa apakah yang saat ini masih Anda nikmati dan Anda belum bisa melepaskannya?
2. Mengapa Anda masih berkutat dengan dosa tersebut?
3. Apa yang akan Anda lakukan agar bisa terlepas dari dosa-dosa tersebut agar bisa menikmati berkat Allah?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, ampunilah kami jika kami masih sering melakukan dosa-dosa yang sama dalam hidup ini. Kami mau bertobat dan terlepas dari semua dosa-dosa ini agar kami bisa menikmati berkat-berkat dari-Mu. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”