PENGUASAAN DIRI DALAM DOA PUASA

RHEMA HARI INI

Matius 4:4 Tetapi Yesus menjawab: “Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah.”

Memutuskan untuk masuk dan bergabung dalam Doa Puasa Massal 40 hari, Jessica bertekad supaya doa puasanya kali ini bukan hanya sekedar menahan lapar dan haus saja, tetapi juga ia ingin membangun hubungan yang lebih intim lagi dengan Tuhan. Itu sebabnya sejak pagi ia sudah mendisiplin diri untuk bangun pagi, bersaat teduh dengan memuji menyembah Tuhan, membaca dan merenungkan firman Tuhan, serta menaikkan doa-doanya di hadapan Tuhan. Lalu selanjutnya sepanjang hari ia terus-menerus membangun kepekaan untuk berkomunikasi dengan Roh Kudus. Disitu Jessica sangat merasakan tuntunan Roh Kudus terus menyertai hidupnya.

Ada kalanya ketika kesibukan perkerjaan begitu menguras pikirannya, tiba-tiba Roh Kudus memberikan sebuah ayat rhema yang memberikan kekuatan baru, kelegaan, ketenangan, serta kesegaran. Bahkan di banyak kejadian, Roh Kudus memberitahukan apa yang harus Jessica lakukan, sehingga pada akhirnya Jessica bisa mengalami terobosan dalam pekerjaannya. Sekalipun Jessica harus menahan diri dari hal-hal duniawi yang begitu menggoda di sekelilingnya, tetapi rhema serta tuntunan Roh Kudus yang ia dapatkan dari berdoa puasa, benar-benar sesuatu yang sangat layak untuk diutamakan.

Disiplin rohani yang dilakukan dalam doa puasa merupakan salah satu aplikasi dari ayat firman Tuhan yang mengatakan bahwa setiap kita harus memikul salib kita dan menyangkal diri kita setiap hari. Ketika kemilaunya hal-hal dunia di sekeliling kita begitu menggoda kita, tetapi kita memutuskan untuk menguasai diri, memikul salib kita dan menyangkal diri kita, maka disitulah Roh Tuhan berkarya dalam hidup kita. Sehingga bukan kemerosotan yang kita alami, tetapi justru kehidupan baru yang kita terima. Sebab manusia bukan hidup dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah. (ABU)

RENUNGAN

Dengan DOA PUASA, kita BELAJAR MENGUASAI DIRI kita dari BERBAGAI MACAM GODAAN.

APLIKASI

1. Masihkah Anda ikut gerakan doa puasa sampai hari ini?
2. Hal-hal atau manfaat apa yang Anda dapatkan?
3. Sudahkah Anda berhasil melatih penguasaan diri Anda?

DOA UNTUK HARI INI:

Bapa, terimakasih untuk gerakan doa puasa ini, kami makin dilatih untuk menguasai diri kami sehingga tidak mudah jatuh dalam berbagai godaan. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!