Penjangkauan Melalui Demonstrasi Kuasa Dan Mujizat

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 5:12-16

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 5:16 Dan juga orang banyak dari kota-kota di sekitar Yerusalem datang berduyun-duyun serta membawa orang-orang yang sakit dan orang-orang yang diganggu roh jahat. Dan mereka semua disembuhkan.

Di restoran itu makanannya enak, ayo kita kesana! Dari mulut ke mulut, itulah promosi yang paling cepat diterima, dan tepat sasaran. Selain karena relatioship, pengalaman orang-orang yang mempromosikan juga umumnya sembilan puluh persen bisa dijadikan jaminan bahwa makanan disana memang enak. Karena rekan yang mengajak umumnya sudah mencicipi sendiri dan merasakan enaknya menu di restoran tersebut. Atau setidaknya mendengar dari temannya lagi yang pernah mencicipinya. Begitu juga dengan gereja. Gereja yang penuh dengan mujizat dan kuasa, sudah pasti akan membuat jiwa-jiwa yang haus dan lapar akan Tuhan berbondong-bondong datang ke gereja. Seperti pada jaman Petrus melayani di serambi Salomo (Kisah Para Rasul:12-16). Demonstrasi kuasa dan mujizat membuat jiwa-jiwa yang haus dan lapar, datang untuk diselamatkan.

Kita patut bersyukur kepada Tuhan, karena gereja kita boleh dipakai Tuhan dengan kuasa dan mujizat yang begitu spektakuler dan masif. Kita menyadari, semua bukan karena kuat gagah kita, tetapi semata-mata karena Roh Allah sendiri yang berinisiatif untuk hadir dan bekerja dengan begitu dahsyat atas gereja kita. Ini adalah sebuah kehormatan yang luarbiasa. Mengapa Ia lakukan semua itu? Semua semata-mata karena hati-Nya yang tidak tahan dan menangis melihat jiwa-jiwa yang terhilang dan menderita.

Jadi, mari tangkap momen emas ini. Pintu penginjilan sudah Tuhan bukakan. Jadilah pembawa mujizat keselamatan jiwa. Senangkan hati Bapa. Ceritakanlah kepada orang-orang disekeliling kita, baik sahabat, teman kerja, ayah ibu, saudara, maupun rekan bisnis kita bahwa kegerakan Tuhan yang dahsyat sedang terjadi di gereja kita, bahkan akan lebih masiv lagi. Sudah begitu banyak jiwa yang mengalami lawatan, kesembuhan, pemulihan dan terobosan yang spektakuler, diluar akal pikiran manusia pada saat mereka datang ibadah raya, KKR, Miracle Night Service, maupun Pondok Daud. Itulah bukti Ia sedang melawat gereja kita. Jadilah kawan sekerja-Nya untuk menyelamatkan jiwa-jiwa yang terhilang.Gunakan semua perlengkapan dan kendaraan yang sudah Tuhan sediakan untuk menggenapi rencana dan kerinduan Tuhan di akhir jaman.

RENUNGAN
DEMONSTRASI KUASA dan MUJIZAT membuat jiwa-jiwa DATANG UNTUK DISELAMATKAN.

APLIKASI
1. Apa yang harus kita lakukan untuk membuat jiwa-jiwa datang kepada Tuhan dan diselamatkan?
2. Sudahkah Anda bergerak untuk bersaksi dan menjadi pembawa mujizat selamatkan jiwa di lingkungan sekitar Anda?
3. Adakah orang di sekeliling Anda yang terhilang dan hidup dalam penderitaan? Jika ada, tuliskanlah nama jiwa-jiwa yang Anda kenal di kartu penuai dan doakanlah!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang Baik, Engkaulah yang empunya Kuasa dan Mujizat. Betapa kami bersyukur atas pintu penginjilan, pintu lawatan, dan mujizat selamatkan jiwa yang Engkau nyatakan. Kami tidak mau melewatkan momen emas ini dan berakhir dengan sia-sia, tetapi kami mau bangkit untuk bersaksi, menceritakan tentang mujizat kesembuhan dan keselamatan jiwa yang sedang Engkau kerjakan hari-hari ini. Pakai kami, utus kami Tuhan, sehingga lebih banyak jiwa disekeliling kami berbondong-bondong datang kepada-Mu dan menerima mujizat keselamatan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.