PENYEBAB HILANGNYA PERCAYA DIRI ILAHI (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

2 Samuel 9-11
Lukas 15: 11-32

BACAAN HARI INI
Yesaya 59:1-2

RHEMA HARI INI
Yesaya 59:2 tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu.

Daud dikenang sebagai raja besar dalam sejarah Alkitab. Namun masa kecilnya jauh dari kata hebat. Ayahnya bahkan tidak membekalinya dengan ilmu perang seperti kepada kakak-kakaknya. Minim pengetahuan, dikucilkan, tidak dianggap, dan sangat besar kemungkinan label-label yang negatif melekat pada dirinya. Secara manusia, tidak ada yang bisa Daud banggakan dan membuatnya percaya diri dalam menjalani kehidupan. Namun, ketika tidak ada satu pun orang hebat yang pandai berperang berani menghadapi Goliat, Daud justru begitu percaya diri untuk maju menghadapinya seorang diri. Semua mata pun menyaksikan bagaimana Daud akhirnya memenangkan pertarungan itu. Apa rahasianya? Bukan karena kuat dan gagahnya, bukan juga karena ia berambisi ingin menunjukkan bahwa dirinya mampu. Namun karena Daud hidup berkenan di mata Tuhan, dan hal itulah yang mendatangkan kepercayaan diri yang besar dan berujung pada kemenangan!

Berbeda dengan Saul. Ia seorang yang hebat. Perawakan dan kemampuannya berperang sangat bisa dibanggakan. Sayangnya, ketika ia melanggar ketetapan Tuhan dan kehilangan perkenanan-Nya, ia begitu gemetar dan kehilangan percaya diri ketika harus berperang dengan Filistin (1Sam. 28:5). Ya, dosa membuatnya tidak lagi mampu mendengar petunjuk Tuhan. Akibatnya, ia tidak lagi bisa berdiri tegak menghadapi lawan-lawannya.

Dari Daud dan Saul, kita bisa belajar bagaimana dosa dan hilangnya perkenanan Tuhan sangat bisa membuat kita ‘kalah perang’, sehebat apa pun skill dan kemampuan kita. Walau pada awalnya skill bisa membantu kita, tetapi hal itu tidak akan bisa menandingi orang yang punya kepercayaan diri karena hidupnya berkenan kepada Tuhan dan menjauhi dosa. Karena itu, mari jaga hidup kita dari dosa. Saat perkenanan Tuhan turun atas kita, semua luka batin yang menyebabkan kita kehilangan percaya diri akan Tuhan pulihkan secara total, sehingga melalui kepercayaan diri ilahi yang bangkit dari dalam diri kita, kaki kita akan terus tegak berdiri. Kita pun akan melihat bagaimana Tuhan memampukan kita untuk menjadi pemenang atas semua tantangan dalam hidup kita. Haleluya!

RENUNGAN
DOSA membuat kita KEHILANGAN percaya diri ilahi.

APLIKASI
1. Adakah dosa yang membuat Anda kesulitan mendekat kepada Tuhan dan mendengar suaranya?
2. Menurut Anda, apa akibatnya jika dosa itu tidak Anda bereskan dan Anda tinggalkan?
3. Apakah komitmen Anda untuk terus mencari perkenanan Tuhan supaya Anda memiliki kepercayaan diri ilahi? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, kami tahu bahwa Engkau tidak pernah jauh atau bahkan meninggalkan kami. Tapi dosa dan kesalahan kamilah yang menjauhkan kami daripada-Mu. Hari ini, ajarkan kami untuk mau meninggalkan semua dosa kami, ya Tuhan, karena kami perlu Engkau dan kami tahu bahwa di luar Engkau, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”