Perangi Perasaan Rendah Diri

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

bca22september2017

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI

Ulangan 1:19-39

RHEMA HARI INI

Ulangan 1:28 Ke manakah pula kita maju? Saudara-saudara kita telah membuat hati kita tawar dengan mengatakan: Orang-orang itu lebih besar dan lebih tinggi dari pada kita, kota-kota di sana besar dan kubu-kubunya sampai ke langit, lagipula kami melihat orang-orang Enak di sana.

Ketika tiba saatnya bagi bangsa Israel untuk menerima janji Tuhan, Musa memerintahkan mereka untuk maju dan menduduki tanah Kanaan. Namun, keraguan menghampiri mereka dan mereka meminta Musa untuk terlebih dahulu menyelidiki negeri tersebut (ay.22). Tuhan pun berfirman kepada Musa agar memilih dua belas pemimpin suku Israel untuk mengintai tanah Kanaan (Bil. 13). Akan tetapi, saat kedua belas pengintai ini kembali, sepuluh dari mereka menceritakan betapa kokoh pertahanan kota-kota di negeri itu serta betapa kuat dan tinggi besar penduduknya. Dibandingkan dengan mereka, orang Israel bagai belalang berhadapan dengan raksasa. Kabar tersebut pun kembali mengecilkan hati bangsa Israel dan akhirnya membuat mereka gagal masuk ke Tanah Perjanjian.

Saat kita menghadapi hal besar yang melebihi kemampuan kita, seberapa sering kita menciut dan tidak berani melakukan apa-apa? Bisa jadi, kita merasa lebih nyaman hidup tanpa terlihat siapa-siapa. Perasaan rendah diri ini juga pernah menyerang gembala kita, Bp. Pdt. Obaja Tanto Setiawan. Di awal-awal perjalanannya mengikut Tuhan, ia tidak berani jika diminta memimpin doa. Kalaupun memimpin doa, perkataannya terpatah-patah dan mungkin tidak selesai. Namun, beliau memutuskan untuk belajar memimpin doa dengan memperhatikan doa orang lain. Karena kesungguhannya, kini Tuhan bukan hanya memakainya secara luar biasa dalam hal doa, tetapi juga menyatakan rencana-Nya dalam hidupnya, yaitu menjadi gembala Gereja Keluarga Allah dengan visi satu juta jiwa diselamatkan.

Sebagai tentara Allah, kita tidak boleh minder dan merasa kecil. Ingatlah jika kita memiliki Tuhan yang besar. Bangkit dan perangi roh rendah diri dengan kuasa-Nya. Jangan sampai perasaan rendah diri menjadi penghalang rencana Tuhan dalam hidup kita. Percayalah, di balik besarnya tantangan yang menghadang jalan hidup kita, Tuhan punya rencana yang besar atas hidup kita. Inilah saatnya revival dahsyat terjadi dan banyak anak-anak Tuhan yang dipakai bahkan diangkat-Nya.

RENUNGAN

Sebagai TENTARA ALLAH, kita TIDAK BOLEH MINDER dan MERASA KECIL; percayalah, TUHAN KITA YANG BESAR memiliki RENCANA BESAR atas kita

APLIKASI

  1. Apakah Anda pernah atau sedang merasa minder terhadap sesuatu? Mengapa?
  2. Menurut Anda, apa yang akan terjadi jika Anda bisa terlepas dari perasaan rendah diri?
  3. Tindakan apa yang bisa Anda lakukan untuk mengusir perasaan minder Anda?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, penuhilah kami dengan kuasa-Mu, sehingga kami dapat mengalahkan perasaan rendah diri dalam hidup kami. Biarlah rencana-Mu terjadi dalam hidup kami. Agar kami pun dapat memuliakan-Mu melalui hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”