Perbedaan Saat Kita Menerima Berkat Tuhan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Tawarikh 25-27
Yohanes 9:1-23

BACAAN HARI INI

Amsal 10:2-22

RHEMA HARI INI

Amsal 10:22 Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya.

Sebagai seorang penulis di sebuah kantor majalah, kala itu Anna sedang membaca ulang hasil interview dengan beberapa narasumber. Ia hendak membuat artikel yang akan diserahkan ke editor. Tema yang diangkat untuk minggu itu adalah mengenai “Meraih kesuksesan di usia muda”. Saat Anna kembali membaca dan merenungkan beberapa cerita dari narasumber, ia mendapati sebagian besar dari narasumbernya mengeluhkan hal yang sama, yaitu sering lelah, tidak ada waktu untuk keluarga, sering sakit, mudah emosi karena banyaknya tuntutan pekerjaan, atau uang banyak tetapi jarang bisa menikmati, dan sebagainya. Anna jadi teringat dengan sebuah ayat di Alkitab yang mengatakan,“Berkat Tuhanlah yang menjadikan kaya, susah payah tidak akan menambahinya”.

Betapa perlunya kita merenungkan sejenak ilustrasi di atas. Bagaimana pola hidup kita sejauh ini selama menjalani rutinitas, apakah kita benar-benar mengandalkan Tuhan atau mengandalkan kemampuan dan kepandaian kita saja? Sering kali sebagian dari kita bersusah payah bekerja untuk menambah tabungan, hingga mengesampingkan waktu dengan teman, keluarga, bahkan tidak memedulikan kesehatan, dan yang terparah adalah menomorduakan Tuhan.

Jika Anda adalah salah satunya, tidak secara kebetulan rhema renungan hari ini sedang mengajarkan kepada kita tentang pentingnya doa berkat. Perlunya kita memahami bahwa doa berkat di gereja sangat penting, serta meyakini Tuhan Yesus sedang dan selalu memberkati kita senantiasa, sehingga hidup kita mengalami perbedaan yang hebat, tanpa harus bersusah payah dengan kekuatan kita sendiri. Sebab pada akhirnya kekuatan dan kemampuan kita yang terbesar sekalipun ada batasnya.Oleh karena itu, kita perlu memiliki rasa lapar dalam hal menerima berkat. Jangan sampai kita malah tidak memiliki kerinduan untuk menerima berkat dan anugerah melimpah dari Tuhan, terutama untuk bekal mengawali tahun baru ini.

RENUNGAN

Kita TERIMA BERKAT TUHAN atau tidak, hidup kita akan SANGAT BERBEDA.

APLIKASI

1. Apakah pentingnya doa berkat bagi Anda?
2. Sudahkah Anda memiliki rasa lapar untuk menerima doa berkat selama ini? Mengapa demikian?
3. Komitmen apa yang Anda ambil setelah membaca renungan hari ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, terima kasih untuk renungan hari ini, kami percaya bahwa Engkau tidak pernah berhenti untuk memberkati kami. Ajar kami untuk selalu mengutamakan Engkau dalam kehidupan kami, karena kami percaya hanya berkat dari pada-Mulah yang menjadikan hidup kami berbeda. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”