Perbesar Kapasitasmu

ReKA (Renungan Keluarga Allah)
The Year of victory #4 | Hari #2
Selasa, 26 Januari 2016

BACAAN HARI INI

Amsal 24:1-34

RHEMA HARI INI

Amsal 24:10 Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu.

Asada Mao adalah atlet ice skating yang sangat berbakat dan merupakan kebanggan dari bangsa Jepang. Asada Mao telah menjuarai berbagai kejuaran, termasuk Olimpiade. Namun tanpa disangka pada tahun 2015 Asada Mao atlet berbakat itu dikalahkan oleh seorang atlet muda yang belum memiliki pengalaman sebanyak dirinya. Hal ini membuat banyak orang tercengang bahkan terheran-heran. Satoko Miyahara, atlet muda yang berhasil mengalahkannya, sebenarnya adalah atlet yang tidak terlalu berbakat. Namun semangatnya yang luarbiasa itulah yang membuatnya menjadi pemenang. Satoko terus berjuang untuk memperbesar kapasitasnya, ia berlatih dengan sangat keras dan disiplin. Kalau untuk pemain berbakat, pelatihnya memerintahkan mengulang gerakan sebanyak 25x, maka kepada Satoko pelatih memerintahkan mengulang gerakan sebanyak 50x. Namun Satoko tidak mengulangnya sebanyak 50x, melainkan 100x! Ia sungguh-sungguh berjuang dengan keras, konsisten dan sangat disiplin. Itulah yang akhirnya bisa membuat dia menang dan mengalahkan seorang pemain berbakat yang sudah berpengalaman! Satoko tidak kecil hati, minder, atau pesimis saat harus menghadapi lawannya yang senior, sebaliknya ia terus berjuang meningkatkan kapasitas kemampuannya sampai ia berhasil meraih kemenangan.

Kalau Anda saat ini merasa tidak berbakat, tidak memiliki apa-apa yang bisa dibanggakan, atau merasa tidak bisa apa-apa, jangan berkecil hati, sebab kemenangan Anda tidak ditentukan oleh apa yang Anda miliki atau tidak miliki, tetapi oleh perjuangan, kerja keras, dan komitmen Anda untuk bergerak maju dan meraih kemenangan.

Sekarang lihat diri Anda masing-masing, seberapa besar kapasitas yang sudah Anda perjuangkan untuk ditingkatkan dalam diri kita. Jika Anda tidak berjuang sama sekali untuk memperbesar kapasitas Anda, maka Anda akan segera terlindas dan tidak mengalami kemenangan. Jika Anda sedikit berjuang untuk memperbesar kapastias Anda, maka kemenangan yang bisa Anda raih juga hanya sedikit saja. Tetapi jika Anda berjuang sungguh-sungguh dan dengan maksimal untuk memperbesar kapasitas Anda, maka kemenangan demi kemenangan yang luar biasa akan Anda alami!

RENUNGAN

Kapasitas kita MENENTUKAN kemenangan kita.

APLIKASI

Seberapa besar kapasitas yang ada dalam diri Anda dan menurut Anda dengan kapasitas itu mampukah Anda meraih kemenangan di tahun ini?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, kami rindu untuk terus berjuang dan berlatih agar kapasitas kami makin hari makin diperbesar sehingga tahun ini benar-benar menjadi tahun kemenangan buat kami. Terimakasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Amsal 27-29