PERINTAH TUHAN YANG PALING UTAMA

RHEMA HARI INI:

Matius 22:37-38 Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

Ada beberapa perasaan manusia yang mempunyai pengaruh besar dan mampu menggerakkan manusia untuk melakukan sesuatu di luar kebiasaannya. Contohnya perasaan iba, ketakutan, amarah dan kasih. Iba membuat kita mau menolong meskipun sebenarnya kita tidak ingin, ketakutan bisa membuat kita melakukan hal-hal yang berlebihan dan diluar akal sehat. Amarah mempunyai kekuatan yang besar untuk menghancurkan orang lain ataupun diri kita sendiri. Tetapi kekuatan yang paling luar biasa diatas semua perasaan yang lain adalah kasih.

Dikatakan demikian karena jika kita memiliki perasaan kasih, kita akan mau berkorban, mempunyai kesabaran yang tidak ada batas untuk menanggung segala sesuatu, tidak menyimpan kesalahan, tidak mengambil keuntungan dan menutupi segala kekurangan (1 Kor 13:4-7). Karena itulah Tuhan menaruh KASIH sebagai perintah yang paling utama, sebab jika kita sungguh-sungguh mengasihi Tuhan, setiap apa yang kita perbuat, kita akan selalu memikirkan perasaan Tuhan. Kita takut akan menyakiti hati-Nya atau membuat-Nya bersedih. Sebaliknya kita akan tulus dan rela melakukan apa yang menjadi kehendak-Nya meskipun ada hati, ego, waktu, harta atau apapun yang harus kita korbankan, sebab kita ingin agar hati Tuhan di senangkan.

Ketika kita begitu kecewa, membenci dan sama sekali tidak ingin berbuat satupun kebaikan bagi orang yang telah sangat melukai kita, perasaan kasih kepada Tuhan membuat kita mau menundukkan perasaan daging kita pada kehendak Tuhan untuk mengampuni dan mengasihi tanpa batas. Ketika kita merasa pekerjaan kita sangat menguntungkan dan memberi hasil yang sangat besar, tetapi karena kita mengasihi Tuhan kita rela meninggalkannya karena pekerjaan itu dibenci Tuhan. Demikian pula kasih membuat kita memiliki komitmen yang kuat dalam melayani, beribadah dan menjadi pelaku Firman. Oleh sebab itu yang paling utama dan pertama, kita harus memiliki Kasih yang segenap kepada Tuhan terlebih dahulu. Karena dengan Kasih, kita akan dimampukan untuk mengikuti kehendak Tuhan. Terus dibawa Tuhan naik dan tidak turun, hidup yang dilimpahi berkat Tuhan sehingga kita bisa terus menjadi berkat bahkan lama setelah kita pulang ke Rumah Bapa, adalah Berkat Kasih yang Tuhan sediakan bagi kita yang mengasihi-Nya dengan segenap. (PF)

RENUNGAN

Perintah Tuhan yang paling UTAMA adalah KASIHILAH Tuhan.

APLIKASI

1. Mengapa Kasihilah Tuhan menjadi perintah-Nya yang paling utama?
2. Menurut Anda, sudahkah Anda mengasihi Tuhan dengan segenap hati Anda?
3. Tindakan nyata apa yang akan atau pernah Anda lakukan sebagai bukti bahwa Anda mengasihi Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Tuhan Yesus, Engkau yang mengetahui kedalaman hati kami. Jika Kau dapati hati yang belum sungguh-sungguh mengasihi Engkau, bentuklah kami Tuhan. Supaya kami hari demi hari semakin mengasihi Engkau sampai kami bisa mengasihi-Mu dengan segenap hati kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!