Perkatakan Apa Yang Tuhan Bisa Lakukan

BACAAN HARI INI
Yoel 3:9-21

RHEMA HARI INI
Yoel 3:10b …baiklah orang yang tidak berdaya berkata: “Aku ini pahlawan!”

Ada seorang ibu yang sudah lama menyimpan sakit hati, kecewa dan kepahitan terhadap suaminya. Sudah sangat lama ibu ini mengalami hal tersebut dan suaminya tak juga kunjung bertobat. Semakin hari sang suami makin menjadi-jadi dalam kehidupan dosanya, sehingga semakin menambah sakit hati dari ibu ini dan akibatnya ibu ini mengalami sakit yang tak kunjung sembuh. Sampai suatu hari ibu ini mendengar kotbah seorang pendeta dari radio tentang kuasa dalam perkataan, bahwa hidup ini banyak dipengaruhi oleh apa yang kita katakan. Saat itulah ibu ini menyadari bahwa selama ini ia telah salah. Ia terlalu banyak mengeluh tentang suaminya, mengeluh tentang penyakitnya, mengeluh tentang keadaannya. Justru inilah yang membuat keadaannya makin terikat dengan apa yang ia katakan sendiri. Ibu ini bertobat dan mulai bangkit dengan pengharapan yang baru. Setiap hari ia mulai mempraktekkan untuk memperkatakan kesembuhan atas penyakitnya, ia memperkatakan firman Tuhan atas suaminya. Sekalipun yang ia lihat saat itu sangat bertolak belakang dengan apa yang ia perkatakan dalam doa-doanya, tetapi ibu ini terus memperkatakan perkataan iman atas situasinya. Sampai akhirnya satu persatu permasalahannya ditolong Tuhan. Suaminya terkena masalah yang sangat besar sehingga ia mau bertobat dan kembali kepada keluarganya. Dalam doa sepakat suami istri ini setiap hari, akhirnya ibu ini mengalami kesembuhan total. Bahkan akhirnya permasalahan suaminya yang berat bisa diselesaikan dengan baik. Tuhan mengerjakan dengan sangat indah sesuai dengan apa yang mereka Imani.

Hidup dan masalah adalah seumpama rel kereta api yang terus beriringan, selama manusia hidup tak ada seorangpun lepas dari masalah. Perbedaannya adalah, ada orang yang jatuh karena masalah, tetapi ada juga yang justru naik level karena masalah. Ini semua tergantung dari bagaimana reaksi kita saat menghadapi masalah. Kalau kita banyak mengeluh, maka kita akan menjadi korban masalah, kita akan terseret jatuh oleh masalah. Tetapi kalau kita terus-menerus memperkatakan perkataan iman terhadap masalah kita, maka justru melalui masalah kita akan dibawa Tuhan menjadi pemenang-pemenang kehidupan yang bisa menjadi saksi bagi orang lain. Taruh semua beban hidup kita dalam tangan Tuhan. Tuhan Yesus sanggup melakukan apapun bahkan melampaui apa yang kita bayangkan.

RENUNGAN
Bahasa iman bukan tergantung dari bagaimana kondisi kita saat ini, tetapi memperkatakan APA YANG BISA TUHAN LAKUKAN bagi kita di masa depan!

APLIKASI
1. Hal apa yang Anda rasakan ketika dalam beban berat, Anda terus memperkatakan bahasa iman ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami tahu hidup kami tidak ditentukan keadaan saat ini tapi ditentukan tanganMu yang sanggup berkarya secara luarbiasa. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yeremia 51-52
Yohanes 9:1-23