Perkatakan Yang Positif

BACAAN HARI INI

Amsal 18: 1-24

RHEMA HARI INI

Amsal 18:21 Hidup dan mati dikuasai lidah, siapa suka menggemakannya, akan memakan buahnya.

Seorang manajer restoran bernama Jerry, telah menimbulkan kekaguman bagi banyak orang yang mengenalnya. Sampai-sampai, kalau Jerry pindah kerja ke restoran lain, maka pelanggan dan pelayan restoran dimana Jerry sebelumnya bekerja akan ikut pindah menjadi pelanggan dan pelayan restoran yang baru dimana Jerry bekerja. Kekaguman itu timbul karena perkataan Jerry yang selalu positif serta menginspirasi. Suatu kali seseorang bertanya kepadanya, “Bagaimana mungkin Anda bisa berkata positif terus sepanjang waktu?” Jerry menjawab, “Tiap pagi aku bangun dan berkata pada diriku, aku punya dua pilihan hari ini. Aku dapat memilih untuk ada di dalam suasana yang baik atau memilih dalam suasana yang jelek. Aku selalu memilih dalam suasana yang baik. Tiap kali sesuatu terjadi, aku dapat memilih untuk menjadi korban atau aku belajar dari kejadian itu. Aku selalu memilih belajar dari hal itu. Setiap ada seseorang menyampaikan keluhan, aku dapat memilih untuk menerima keluhan mereka atau aku dapat mengambil sisi positifnya. Aku selalu memilih sisi positifnya.” Suatu hari gerombolan perampok menyerang restoran tempat Jerry bekerja sehingga Jerry terkena luka tembak yang sangat parah, namun 6 bulan setelah itu akhirnya ia bisa dipulihkan kembali. “Setelah mereka menembak dan aku tergeletak di lantai, aku ingat bahwa aku punya dua pilihan: aku dapat memilih untuk hidup atau mati. Aku memilih untuk hidup,” Jerry mengenang. “Para ahli medisnya hebat. Mereka terus berkata bahwa aku akan sembuh. Tapi saat mereka mendorongku ke ruang gawat darurat dan melihat ekspresi wajah para dokter dan suster aku jadi takut. Mata mereka berkata ‘orang ini akan mati’. Aku tahu aku harus mengambil tindakan. Di sana ada suster gemuk yang bertanya padaku, apakah Anda punya alergi. Dan aku menjawab ‘Ya.’ Para dokter dan suster berhenti bekerja dan mereka menunggu jawabanku. Aku menarik nafas dalam-dalam dan berteriak, ‘Peluru!’ di tengah tertawa mereka, aku katakan, ‘Aku memilih untuk hidup. Tolong aku dioperasi sebagai orang hidup, bukan orang mati’.”

Perkataan positif pasti dan selalu menghasilkan mujizat dalam hidup kita. Sebaliknya, perkataan negatifpun pasti dan selalu menghasilkan hal-hal negative pula dalam hidup kita. Pilihan ada di tangan kita. Itu sebabnya, pilihlah selalu untuk berpikir dan berkata positif. Sehingga kita bisa senantiasa hidup dalam sukacita dan damai sejahtera dari Tuhan.

RENUNGAN

Mulut kita bisa MENCIPTAKAN MUJIZAT atau memperparah masalah. PERKATAKAN YANG POSITIF di tengah situasi negatif!

APLIKASI

Dalam situasi negative, buatlah komitmen untuk memperkatakan perkataan positif.

DOA UNTUK HARI INI

Bapa ajar kami untuk selalu memenuhi mulut kami dengan ucapan syukur dan puji-pujian kepada-MU. Sebab kami tahu bahwa itulah yang akan mendatangkan sukacita serta mujizat dalam hidup kami. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

I Samuel 18-20
Mazmur 11, 59