Persembahan Yang Sia-Sia

BACAAN HARI INI
Matius 5:17-48

RHEMA HARI INI
Matius 5:23-24 Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.

Pak Anton memiliki 2 orang anak laki-laki bernama Yohan dan Jason. Jason yang 2 tahun lebih muda dari Yohan, memiliki sifat yang keras dan mau menang sendiri. Apa yang menjadi keinginannya harus dituruti bahkan tidak jarang dia mengambil barang kesukaan kakaknya. Untunglah Yohan seorang anak yang suka mengalah dan murah hati.

Suatu hari Pak Anton berulang tahun. Sudah menjadi tradisi tiap ada yang ulang tahun maka setiap anggota keluarga akan memberi sebuah kado. Dan kemudian Pak Anton akan mengajak seluruh anggota keluarga untuk makan malam bersama di sebuah restoran. Istri Pak Anton sudah mempersiapkan kado sebuah arloji. Yohan memberi kado sebuah dasi. Sedangkan Jason juga ingin memberi dasi, padahal kado tidak boleh sama. Jason marah pada Yohan dan menuntut agar kado Yohan diganti saja. Suasana menjadi tidak enak sehingga pak Anton akhirnya mengurungkan acara malam itu sampai mereka berdua rukun kembali. Mereka sekeluarga tidak jadi menikmati kebahagiaan malam itu.

Sifat dan tabiat yang tidak baik pada akhirnya akan membuat kita jatuh dalam dosa. Jika kita tidak mau bangkit dan berubah, kita masih suka menikmati dan bermain-main dalam dosa, maka kita tidak akan bisa menikmati berkat-berkat Allah. Berkat-Nya hanya dikhususkan bagi orang benar. Walaupun kita sudah banyak memberi dan menabur untuk pekerjaan Tuhan, namun semuanya menjadi sia-sia dan tak ada artinya di hadapan-Nya, selama dosa itu masih kita ijinkan berkuasa atas hidup kita. Hanya orang yang mau menjaga hidupnya dan hidup dalam kebenaran total, yang akan menerima berkat luar biasa. Di tahun kemuliaan Tuhan ini, mari periksa hati kita masing-masing. Masih adakah dosa yang memisahkan dan menghalangi kita menerima perjanjian berkat Tuhan. Segera bangkit, tinggalkan dosa dan kejahatan kita. Mulailah menjadi terang dan berkat bagi banyak orang melalui pertobatan kita. Hingga Tuhan menemukan kita layak dipercaya menerima berkat-Nya yang melimpah.

RENUNGAN
TANPA KEBENARAN TOTAL, semua PERSEMBAHAN kita kepada Tuhan akan menjadi SIA-SIA.

APLIKASI
1.    Adakah Anda merasa apa yang Anda persembahkan kepada Tuhan seakan sia-sia saja? Mengapa demikian?
2.    Sudahkah Anda memeriksa diri Anda sendiri? Masihkah ada hal-hal yang tidak benar dalam hidup Anda?
3.    Apa komitmen Anda agar apa yang Anda persembahkan bagi Tuhan menjadi persembahan yang harum dan berkenan di hati Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, kami merendahkan diri di hadapan-Mu. Periksalah hati kami, tunjukkan pada kami kalau-kalau ada kesalahan dan dosa yang tidak kami sadari. Kami ingin hidup dalam seluruh kebenaran-Mu, hingga kami layak mempersembahkan diri kami sebagai persembahan yang kudus dan berkenan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.