Persepuluhan Adalah Demi Kebaikan Kita Sendiri

BACAAN HARI INI
Mazmur 119:1-176

RHEMA HARI INI
Mazmur 119:72 Taurat yang Kausampaikan adalah baik bagiku, lebih dari pada ribuan keping emas dan perak.

Linda paling alergi jika mendengar khotbah tentang memberi persepuluhan. Hatinya dipenuhi prasangka buruk dan merasa hal ini digunakan gereja untuk mendapatkan dana. Bagi Linda yang hidupnya masih bergumul dengan kebutuhan, memberi persepuluhan adalah hal terakhir yang ia pikirkan. Menurutnya, Tuhan pasti mengerti jika ia belum dapat memberi persepuluhan. Bukankah Tuhan tidak menginginkan harta, tapi hati yang mengasihinya?

Suatu kali hati Linda terusik soal persepuluhan. Ia berusaha menepis dan menganggapnya hanya dorongan sesaat. Tapi sampai beberapa waktu lamanya, hati Linda tetap tidak tenang. Akhirnya ia menyerah dan memutuskan untuk taat walaupun sungguh tak masuk akal baginya. “Baiklah Tuhan, saya ikut saja maunya Tuhan. Saya mau belajar taat. Saya tidak tahu bagaimana nanti jika kurang, saya berserah.” Demikian doa yang diucapkan Linda dengan perasaan campur aduk. Antara gemas, tertantang, tapi juga sekaligus senang karena ia sedang menerima pengajaran dari Tuhan. Dan berjalannya waktu, Linda merasa penyertaan Tuhan begitu kental. Pekerjaannya diberkati dan setiap kebutuhannya, entah bagaimana selalu tercukupi.

Seringkali Tuhan meminta kita untuk melakukan hal-hal yang tidak masuk akal bagi kita, supaya kita bergantung penuh kepada-Nya. Ya, saat kita melakukan hal diluar kemampuan kita, mau tidak mau pasti kita akan selalu berseru meminta pertolongan dan penyertaan Tuhan. Dengan demikian, hubungan pribadi kita dengan Tuhan menjadi dekat. Benar, Tuhan tidak butuh uang kita, Dia lebih dari sanggup untuk memenuhi segala kebutuhan. Justru kitalah yang butuh berkat dari Tuhan. Yang Tuhan mau adalah hati yang taat dan mengasihi Dia lebih dari segala sesuatu. Bagi mereka inilah, Tuhan tidak akan ragu dan menunda untuk melimpahkan berkat-berkatNya. Sikap hati yang benar tentang kekayaan, yang memandangnya sebagai alat untuk memuliakan Tuhan, membuat kita akan DIBANGKITKAN MENJADI TERANG KEUANGAN  bagi sesama, gereja dan pekerjaan Tuhan. (PF)

RENUNGAN
Tuhan ingin kita MENGEMBALIKAN PESEPULUHAN bukan untuk kepentingan-Nya, tetapi justru DEMI KEBAIKAN KITA sendiri.

APLIKASI
1.    Bagaimana Anda memandang soal persepuluhan? Suatu beban atau anugerah?
2.    Menurut Anda, untuk apa dan untuk kepentingan siapa persepuluhan itu?
3.    Pengalaman apa yang pernah Anda alami dan apa yang Anda dapatkan setelah Anda memberi persepuluhan?
DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, terimakasih atas pengajaran-Mu soal memberi persepuluhan. Selain kami mau taat, kami juga ingin mengambil bagian dalam memajukan pekerjaan-Mu dengan sedikit yang kami punya. Terimalah Tuhan, persembahan kami yang belum ada apa-apanya ini, untuk membalas kasih karunia-Mu yang begitu besar dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.