Persepuluhan Yang Benar Sesuai Ketetapan Tuhan

BACAAN HARI INI
Keluaran 19:1-25

RHEMA HARI INI
Keluaran 19:5 Jadi sekarang, jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan firman-Ku dan berpegang pada perjanjian-Ku, maka kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, sebab Akulah yang empunya seluruh bumi.

Oka adalah seorang pengusaha yang sangat rajin memberikan persepuluhan. Bukan hanya tiap bulan tapi setiap kali ia mendapat keuntungan, langsung ia sisihkan untuk persepuluhan. Suatu hari Oka melihat ada seorang pengemis tua di depan tempat usahanya. Ia sangat iba melihat keadaan pengemis itu, lalu ia mulai berpikir, gerejanya kelihatannya sudah sangat kaya. Fasilitasnya modern, pelayan Tuhannya berseragam rapi dan apik. Mungkin sebaiknya ia memberikan persepuluhan minggu ini pada si pengemis yang jelas sangat membutuhkan bantuan. Dengan pemikiran itu, Oka akhirnya memberikan amplop berisi uang persepuluhannya kepada pengemis tua yang tentu saja sangat senang dan terharu menerimanya.

Mungkin kita pernah berpikir dan bertindak seperti Oka. Dengan niat baik, menyisihkan sepersepuluh dari keuntungan kita untuk di “sumbangkan”. Masalahnya jika kita tidak memahami persepuluhan dengan benar, kita bisa jadi menganggap asal jumlahnya sudah sesuai sepersepuluh, akan sama saja jika kita berikan ke gereja atau kepada yang membutuhkan. Toh sama-sama kita berikan untuk membantu. Tapi KETETAPAN TUHAN jelas berkata, bawalah seluruh persembahan persepuluhan ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku (Maleakhi 3:10). Tuhan menghendaki agar kita membawa persembahan persepuluhan kita ke gereja lokal tempat kita tertanam dan bertumbuh secara rohani.

Jika kita sempat meragukan atau tidak percaya pada gereja, kita sempat berpikir jangan-jangan nanti dipakai untuk memperkaya gembala dan keluarganya, cepat singkirkan keraguan itu. Tuhan sendiri yang sudah menetapkan dan memilih bendahara yang Dia percaya untuk mengelola persembahan persepuluhan, yaitu gereja lokal kita. Atau jika kita merasa lebih mantap langsung memberikan pada yang membutuhkan, dengar, persepuluhan adalah milik Tuhan. Bukan milik kita. Berikanlah ke tempat dimana Tuhan perintahkan kita. Persepuluhan bukanlah persepuluhan jika kita tidak memberikannya TEPAT SESUAI instruksi Tuhan. Jika kita tetap tergerak untuk membantu gereja lain atau memberkati orang-orang yang membutuhkan, berikan persembahan sebagai persembahan khusus di luar persepuluhan. Dengan demikian kita telah melakukan bagian kita dengan benar, dan lihatlah bagaimana Tuhan akan mencurahkan berkat-berkatNya dan membangkitkan kita menjadi terang keuangan.

RENUNGAN
Persepuluhan BUKANLAH persepuluhan kecuali kita memberikannya TEPAT SESUAI INSTRUKSI Tuhan.

APLIKASI
1. Sudahkah Anda mengembalikan persepuluhan ke tempat yang benar sesuai instruksi Tuhan?
2. Jika belum, atau Anda mengalokasikannya ke tempat lain, apakah alasannya?
3. Setelah mengetahui kebenaran Firman Tuhan hari ini, apa keputusan yang Anda ambil?

DOA UNTUK HARI INI
Tuhan Yesus, ampunilah kami jika kami pernah meragukan pengelola yang Engkau tunjuk dan tetapkan. Dalam ketidak tahuan kami, kami bertindak dengan pemikiran kami sendiri sehingga tidak mengikuti ketetapan-Mu dengan benar. Terimakasih Tuhan, sekarang kami tahu dan kami akan membawa persembahan kami ke rumah perbendaharaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.