Pertolongan Ajaib Tuhan

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

1 Raja-Raja 1-2
Lukas 19:28-48

BACAAN HARI INI

2 Tawarikh 26:3-15

RHEMA HARI INI

2 Tawarikh 26:15b Nama raja itu termasyhur sampai ke negeri-negeri yang jauh, karena ia ditolong dengan ajaib sehingga menjadi kuat.

Stephen Wiltshire adalah pelukis dengan keistimewaan tersendiri. Lahir di London, 24 April 1974, ia menderita autis. Bahkan saat berumur lima tahun pun ia belum bisa berbicara. Namun, berkat pertolongan Tuhan yang ajaib, Stephen memiliki kekuatan memori dan talenta yang sangat luar biasa. Ia mampu menggambar sebuah kota dengan sangat detail tanpa harus melihat objeknya. Bahkan Stephen bisa menggambar benda-benda hidup secara akurat dengan sekali lirik. Karyanya tidak seperti lukisan biasa, tetapi lebih menyerupai foto. Atas kontribusinya di bidang seni, pada tahun 2006, Stephen dianugerahi gelar Most Excellent Order dari Kerajaan Inggris. Seorang yang bukan siapa-siapa, hanya karena pertolongan Tuhan semata, berubah menjadi pribadi yang luar biasa.

Hal serupa dialami Raja Uzia. Ia dilantik di usia sangat muda, menggantikan ayahnya yang wafat. Artinya, Uzia dinobatkan menjadi raja bukan karena prestasinya, melainkan karena faktor keturunan saja. Tidak ada hal yang menonjol dalam dirinya, tetapi Alkitab mencatat prestasi dan pencapaiannya yang luar biasa semasa ia menjadi raja. Di tangannya, bangsa Yehuda mengalami banyak kemajuan serta inovasi. Pembangunan kota, menara jaga, sumur-sumur, peternakan, pertanian, perkebunan bahkan kekuatan militer yang luar biasa. Pemuda yang semula diragukan itu berubah menjadi raja yang sangat disegani. Apa rahasianya? Semua karena pertolongan Tuhan yang ajaib.

Dilahirkan di tengah keluarga miskin, itu bukan salah kita. Namun sampai tua tetap hidup miskin, itu adalah pilihan kita. Sebagai anak Tuhan, kita memiliki hak istimewa, pewaris kerajaan Allah, kita punya kesempatan sama dengan Stephen maupun raja Uzia. Bagian kita adalah hidup mencari Tuhan dan takut akan Tuhan. Selama kita konsisten dengan itu, Allah selalu membuat usaha kita berhasil (ay.5). Pilihan ada pada kita, kita memiliki kesempatan mengundang anugerah melimpah Tuhan ke dalam hidup kita. Saat kita konsisten dengan pilihan kita untuk hidup mengiring Yesus, dukungan ilahi-Nya akan senantiasa ada dalam hidup kita.

RENUNGAN

Salah satu DAMPAK DUKUNGAN ILAHI adalah hidup kita akan menjadi SANGAT KUAT, sebab kita mendapatkan PERTOLONGAN YANG AJAIB.

APLIKASI

1. Mengapa dukungan ilahi dapat membuat hidup Anda menjadi kuat?
2. Dalam hal apakah Anda membutuhkan dukungan ilahi?
3. Bagaimana Anda bisa mendapatkan dukungan ilahi Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa yang baik, terima kasih atas anugerah-Mu yang melimpah atas hidup kami. Kami percaya, Engkau memiliki rencana yang besar atas kelemahan dan kekurangan dalam hidup kami. Semua itu untuk menyatakan kemuliaan-Mu dalam hidup kami. Ajari kami untuk hidup mencari perkenanan-Mu, ya Bapa, agar mujizat besar dapat terjadi dalam hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”