Perubahan Dimulai Dari Diri Kita

Renungan Keluarga Allah
Rabu, 06 Juli 2016

BACAAN HARI INI

Lukas 6:20-36

RHEMA HARI INI

Lukas 6:31 Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

Seorang suami yang otoriter menuntut agar istrinya mengikuti standar-standar pilihan nya sendiri. Istrinya harus mengerjakan hal-hal tertentu baginya, mengurus rumah tangga dengan cara tertentu, berpakaian dengan cara tertentu, memperlakukan anak-anak dengan cara tertentu, berbicara dan bersikap di depan umum dengan cara tertentu. Sang istri berusaha melakukan semuanya itu, tetapi dengan berjalannya waktu, istrinya menjadi benci dengan segala aturan tersebut. Tidak mengherankan bahwa akhirnya sang istri menjadi muak dengan suaminya. Lalu suatu hari sang suami itu meninggal.

Beberapa waktu kemudian, janda itu jatuh cinta pada pria lain dan menikah. Di luar dugaannya, ia diperlakukan dengan sangat baik oleh suaminya, ia merasa bahwa ia dengan suami yang sekarang seolah-olah setiap hari berbulan madu. Dengan penuh sukacita, ia curahkan diri demi kebahagiaan suaminya. Suatu hari, ketika membersihkan beberapa kotak bekas di gudang atas, ia menemukan salah satu daftar hal-hal yang harus dan tidak boleh dikerjakan yang telah dituliskan oleh suaminya yang dulu. Ternyata hal yang dahulu dituntut suaminya untuk dikerjakan, justru sekarang dia lakukan bagi suaminya yang baru dengan sukacita. Suami yang sekarang ini tidak menuntutnya sama sekali. Rupanya ia melakukan sebagai ungkapan kasih, bukan karena memenuhi tuntutan.

Perlakuan suami yang baik kepada istrinya, cepat atau lambat akan membuat sang istri juga belajar melakukan hal yang baik pada suami dan keluarganya, dan itu adalah awal dari keharmonisan keluarga. Seorang suami harus belajar memberkati istrinya dengan perlakuan yang terbaik padanya. Seorang istri belajar melayani suami dengan ketaatan dan kasih yang terbaik, anak-anak harus belajar tunduk dan patuh pada orang tua sebagaimana Tuhan sudah ajarkan. Keluarga adalah tempat pelayanan yang pertama sebelum kita belajar melayani orang lain atau sebelum kita mempraktekkan Firman Tuhan kepada orang lain. Perlakuan kita kepada keluarga kita sudah semestinya adalah hal yang terbaik yang bisa kita kerjakan, lakukan yang terbaik, maka yang terbaik juga yang Tuhan akan berikan bagi keluarga kita. Amin.

RENUNGAN

Orang yang DEWASA ROHANI adalah orang yang mau BELAJAR UNTUK BERUBAH terlebih dahulu, sehingga melalui perubahan kita, keluarga kita juga bisa berubah.

APLIKASI

  1. Sudahkah Anda menjadi seorang yang DEWASA ROHANI?
  2. Jika ya, hal atau dampak apa yang sudah terjadi?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa jadikan setiap kami menjadi orang-orang yang dewasa rohani sehingga melalui hidup kami perubahan terjadi dalam keluarga kami. Dalam nama Tuhan Yesus. Amin

BACAAN ALKITAB SETAHUN

1 Korintus 9-11