Pilar Penting Dalam Perjanjian Berkat

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 7-9
Kisah Para Rasul 18

BACAAN HARI INI

Mazmur 89:19-37

RHEMA HARI INI

Mazmur 89:35 Aku tidak akan melanggar perjanjian-Ku, dan apa yang keluar dari bibir-Ku tidak akan Kuubah.

Lebih baik memberi daripada menerima. Akan tetapi, kenyataannya kebanyakan orang lebih suka menerima daripada memberi. Begitu pula dengan Abe yang masih sering menggunakan matematika dunia saat tiba waktunya memberikan persepuluhan. Ia belum sepenuhnya menjalankan persepuluhan karena menurutnya gajinya belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Menurutnya, untuk memenuhi kebutuhan dan membayar beberapa cicilan saja masih kurang, apalagi kalau ditambah dengan persepuluhan. Belum lagi beberapa temannya ada yang berkomentar negatif jika ia memberikan persepuluhan.

Hingga suatu kali, Abe mendengarkan kotbah di gerejanya tentang persepuluhan. Ia merasa Tuhan menegurnya melalui firman Tuhan saat itu. Saat tidak memberikan persepuluhan, ia merasa kuatir dan takut kalau uangnya habis. Hal itu pun benar terjadi, ada saja pengeluaran mendadak yang harus dibayarkannya. Kendaraan rusak, beli obat, iuran-iuran tak terduga lainnya. Ia pun menyesal dan berkomitmen akan taat dalam memberikan persepuluhan kepada Tuhan. Mulai tahun baru ini, Abe merasa hidupnya lebih damai dan tenang ketika sudah memberikan persepuluhan. Ia tidak memikirkan bagaimana kalau nanti uangnya habis atau kurang. Tanpa Abe sadari, berkat Tuhan selalu ada ketika ia membutuhkan.

Mungkin kita mengalami hal yang sama dengan Abe. Merasa tidak perlu memberikan persepuluhan dan menggunakan logika matematika dunia kita. Namun, sadarilah bahwa persepuluhan adalah cara untuk masuk dalam perjanjian berkat Tuhan. Bukan cara Tuhan memajaki atau mengakali kita. Hari ini, mazmur Daud pun mengingatkan kita bahwa Tuhan tidak akan melanggar perkataan-Nya sendiri. Namun, apakah kita mengalami penggenapan janji-Nya tergantung apakah kita melakukan bagian kita atau tidak (ay.29-33). Oleh sebab itu, kembalikanlah persepuluhan dengan sukacita, muliakanlah Tuhan dengan harta kita, maka Dia akan membangkitkan kita menjadi terang dalam hal keuangan dan berbagai aspek hidup kita yang lainnya. Sebab, Dialah Tuhan yang tidak pernah mengingkari perjanjian-Nya. (LEW)

RENUNGAN

Tuhan MENETAPKAN PERSEPULUHAN sebagai salah satu pilar yang sangat penting dalam PERJANJIAN BERKAT yang tidak akan pernah berubah.

APLIKASI

1. Apakah Anda sudah taat dalam memberikan persepuluhan? Jika sudah atau belum, mengapa?
2. Apa yang menyebabkan Anda belum bisa memberikan persepuluhan?
3. Komitmen apa yang bisa Anda buat dalam memberikan persepuluhan mulai tahun ini?

DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, ajarkan kami selalu taat dalam memberikan persepuluhan. Kami mau hidup dalam perjanjian berkat dengan Engkau. Kami percaya, Engkau akan menggenapi janji-janji-Mu bagi kami. Terima kasih Tuhan. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”