Pilihan Kita Menentukan Hati Tuhan Terhadap Kita

ReMAKA: Renungan Malam Keluarga Allah

BACAAN HARI INI
Kisah Para Rasul 13:13-49

RHEMA HARI INI
Kisah Para Rasul 13:22b Tentang Daud Allah telah menyatakan: Aku telah mendapat Daud bin Isai, seorang yang berkenan di hati-Ku dan yang melakukan segala kehendak-Ku.
Christopher L Jr adalah seorang tukang ledeng. Suatu hari pemilik perusahaan Mercedes Benz mempunyai masalah dengan kran air di rumahnya. Mr. Benz menelpon Christ untuk memperbaikinya. Karena Christ sedang banyak pekerjaan, perbaikan dijanjikan dua hari kemudian. Ia sama sekali tidak tahu bahwa yang menelponnya adalah pemilik perusahaan mobil terbesar di Jerman. Satu hari kemudian Christ menghubungi Mr. Benz untuk menyampaikan terima kasih karena sudah bersedia menunggu satu hari lagi. Pada hari yang telah ditentukan Christ datang ke rumah Mr. Benz untuk memperbaiki kran air yang bocor, setelah selesai ia menerima bayaran atas jasanya dan pulang ke rumah. Dua minggu kemudian Christ kembali menghubungi Mr. Benz untuk menanyakan apakah kran air yang diperbaikinya sudah benar-benar beres atau masih timbul masalah. Apa reaksi Mr. Benz? Ia berpikir bahwa Christ adalah seorang yang hebat dan sangat berdedikasi. Meskipun ia hanyalah tukang ledeng, tapi caranya menjaga mutu pelayanan dan kepuasan pelanggan sangat profesional. Berapa bulan kemudian, Mr. Benz merekrut Christopher L Jr. dengan posisi General Manager Satisfaction and Public Relation di Mercedes Benz.

Ketika Christ bekerja dan melayani pelanggannya dengan sepenuh hati, itu membuat hati pelanggannya disenangkan dan dia menuai berkat besar yang diluar pemikirannya. Demikian juga dengan hidup kekristenan kita, beribadah dan melayani Tuhan dengan sepenuh hati akan membuat hati Tuhan disenangkan. Hidup kita tidak akan runtuh. Kalaupun sekarang kita ada dalam keadaan terjepit, keuangan yang sulit, kesehatan yang rapuh, keluarga yang berantakan, bahkan masa depan yang seolah tidak ada harapan, tapi jika kita tetap setia beribadah, tetap melayani sepenuh hati, Tuhan melihat dan Tuhan mengerti.

Jangan pernah ragukan dan tetaplah percaya pada Tuhan. Jangan tinggalkan ibadah dan pelayanan. Dia sanggup dan pasti akan memulihkan hidup kita. Tuhan pasti tidak akan menahan-nahan berkat-Nya. Mujizat akan dikerjakan-Nya, tingkap langit akan terbuka, Tuhan akan bawa kita naik, naik dan terus naik. Tuhan akan bawa kita dari kemuliaan menuju kemuliaan-nya yang ajaib. Sebab Hati Tuhan ada pada kita yang sungguh-sungguh terpaut pada-Nya.

RENUNGAN
PILIHAN kita untuk BERIBADAH dan MELAYANI TUHAN atau tidak, MENENTUKAN HATI TUHAN terhadap kita.
APLIKASI
1. Bagaimana kondisi Anda saat ini? Apakah Anda seorang yang tekun beribadah atau terlibat dalam pelayanan?
2. Apa arti ibadah bagi Anda? Sesuatu yang penting atau sesuatu yang tergantung situasi dan kondisi?
3. Apa respon Anda terhadap orang yang menghargai, menganggap Anda penting dan berharga?

DOA UNTUK HARI INI
“Tuhan Yesus, taruhlah roh yang setia dan rela melayani dalam hati kami. Apapun yang terjadi dalam hidup kami, Engkau tetap sungguh baik, terlalu baik bagi kami. Kami mau tetap tinggal dalam rumah-Mu Tuhan, memuji dan melayani Engkau. Sebab hanya Engkau satu-satunya penolong dan pembela kami. Terima kasih Tuhan, di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.