Pilihan Yang Membawa Pada Tujuan Yang Sejati

BACAAN HARI INI

Roma 11:25-36

RHEMA HARI INI

Roma 11:36 Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!

Ester adalah seorang gadis yatim piatu, yang dibesarkan oleh saudara ayahnya, Mordekhai. Tidak dicatat di dalam Alkitab bagaimana keseharian Ester ketika ia kecil. Tetapi kenyataannya Ester berhasil tumbuh menjadi gadis cantik yang cerdas, lebih dari gadis-gadis lain seusianya, sehingga dialah yang terpilih menjadi ratu, menggantikan Ratu Wasti yang dibuang. Dan kisah hidupnya menceritakan, Ester berhasil mengerjakan panggilan hidup yang dimilikinya, yaitu menyelamatkan bangsanya dari pembunuhan masal karena dendam Haman atas bangsa Yahudi, sekalipun nyawa menjadi taruhannya.

Apa yang menarik dari kisah diatas? Ester punya banyak pilihan semasa hidupnya. Ia bisa saja memilih untuk meratapi nasibnya yang tidak memiliki ayah dan Ibu. Ia juga bisa memilih melarikan diri mengejar apa keinginan hatinya saat ia ikut terpilih untuk masuk ke istana sebagai calon ratu. Dan ia juga bisa memilih untuk diam saat Haman ingin memusnahkan bangsanya, bangsa Yahudi. Tetapi semua itu tidak menjadi pilihan Ester. Ester tidak fokus memikirkan kepentingan dirinya sendiri saat ia berhadapan dengan pilihan. Ia tidak mengikuti apa yang dirasa dan dipikirnya baik bagi dirinya sendiri. Tetapi Ester melangkah dalam tuntunan Tuhan dan ia berhasil memenuhi tujuan hidup yang dimilikinya.

Sama seperti Ester, Anda pun memiliki pilihan-pilihan itu. Jika Anda memiliki latar belakang yang sangat buruk, ingatlah bahwa Ester juga seorang yatim piatu, tetapi Ester berhasil memilih untuk tidak meratapi nasibnya. Jika karena keadaan, Anda terpaksa harus putus sekolah, ingatlah bahwa Esterpun pernah seolah direnggut masa depannya dengan harus masuk ke istana sebagai calon ratu. Jika Anda harus mempertaruhkan ha-hal penting dalam hidup Anda untuk taat pada tuntunan Tuhan, ingatlah bahwa Ester pun pernah mempertaruhkan nyawanya untuk mengerjakan panggilan hidupnya. Dan Anda harus percaya bahwa kekuatan Tuhan yang memampukan Ester saat itu tersedia juga bagi Anda saat ini.

Karena itu, jadilah sama seperti Ester yang tetap melihat jauh ke depan dan tetap percaya akan tuntunanNya daripada melihat kenyataan dan diri sendiri. Percayalah bahwa saat Anda mempercayakan langkah kaki Anda ke dalam tuntunan Tuhan, Anda akan menemukan hal besar yang menjadi tujuan sejati dari hidup Anda. Tetapi tuntunan Tuhan itu tidak akan pernah Anda dapatkan selama Anda masih fokus dengan diri Anda sendiri. Percayalah, Dia sudah memberikan Anda suatu kehidupan yang bermakna dan sebuah tujuan yang jelas dan besar. Lepaskan pandangan Anda dari diri Anda sendiri dan lihatlah jauh ke depan. Anda akan menemukan dan memiliki kehidupan yang benar-benar hidup!

RENUNGAN

Kita tidak akan pernah menemukan tujuan hidup yang sejati selama FOKUS kita adalah pada diri kita sendiri.

APLIKASI

  1. Dibagian apakah Anda masih sering fokus dengan diri sendiri?
  2. Maukah Anda mulai hari ini belajar untuk memenangkan hal itu?
  3. Tuliskan komitmen Anda!

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, ampuni jika aku masih sering fokus dengan diriku sendiri sehingga aku kehilangan tuntunanMu dalam hidupku. Aku percaya bahwa hanya tuntunanMulah yang akan membuat aku sampai pada tujuan hidupku yang sejati. Dan aku mau untuk menggenapinya. Didalam nama Tuhan Yesus aku berdoa, Amin!

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Matius 19
Markus 10