Pondok Daud Adalah Tempat Yang Penuh Dengan Ekspresi

BACAAN HARI INI
Mazmur 95:1-11

RHEMA HARI INI
Mazmur 95:2 Biarlah kita menghadap wajah-Nya dengan nyanyian syukur, bersorak-sorak bagi-Nya dengan nyanyian mazmur.

Rina adalah seorang wanita muda yang baru saja mengenal Yesus. Karena masih baru, ia sering kebingungan dalam melakukan pujian dan penyembahan. Rina belum mengerti bagaimana cara mengekspresikan diri dalam memuji dan menyembah Tuhan. Ia juga masih takut untuk beribadah ke gereja sendiri karena ia mengenal Yesus dari temannya, Julia. Jadi selama ini Rina ke gereja hanya jika Julia juga ke gereja. Suatu hari Julia mengajak Rina untuk datang ke Pondok Daud. Tempat yang asing bagi Rina, namun karena penasaran dan juga haus akan Tuhan, Rina akhirnya mengikuti ajakan Julia. Saat tiba di sana, Rina bisa merasakan hadirat Tuhan yang luar biasa. Pujian penyembahan dinaikkan dengan sepenuh hati, ada yang bertepuk tangan, bersujud, berbahasa roh dan tidak sedikit yang menangis karena jamahan Tuhan.

Saat melihatnya, Rina mengambil posisi duduk agak jauh dari Julia supaya ia bisa lebih fokus pada Tuhan. Disana ia mulai merasakan jamahan Roh Kudus, Rina dibawa makin dalam lewat pujian dan penyembahan yang dinaikkan. Itu adalah momen pertama kalinya Rina merasa bisa mengekspresikan isi hatinya pada Tuhan dengan bebas. Rina merasakan kelegaan dan sukacita yang ajaib, ia memutuskan untuk berani ke gereja dan pondok Daud sendiri ke depannya.

Pondok Daud bukanlah sebuah tempat yang kaku, sebaliknya pondok Daud adalah tempat yang penuh ekspresi. Sangat berbeda dengan tabernakel Musa yang kesannya serius dan penuh tatanan. Di pondok Daud umat Tuhan bisa mendekat ke tabut Allah, mereka bisa memuji, menyembah, bertepuk tangan, bersorak sorai, menyanyi, menari, bersujud dan bermacam ekspresi lain untuk mengungkapkan rasa cinta pada Tuhan. Janganlah ragu dan malu untuk menunjukkan ekspresi kita, karena Tuhan sangat disukakan dengan pujian dan penyembahan dari hati yang tulus.

RENUNGAN
PONDOK DAUD adalah tempat kita bisa beribadah MEMUJI dan MENYEMBAH Tuhan dengan PENUH EKSPRESI.

APLIKASI
1. Bagaimana gaya Anda dalam memuji dan menyembah Tuhan?
2. Sudahkah Anda menunjukkan ekspresi Anda kepada Tuhan?
3. Apa yang menghambat Anda untuk bisa memuji dan menyembah Tuhan secara penuh ekspresi?

DOA UNTUK HARI INI
Ya Tuhan, kami ingin memuji dan menyembah Engkau dengan sepenuh hati kami. Bantu kami untuk bisa terus membangun Pondok Daud di gereja kami dan dalam hati kami. Kami ingin selalu meninggikan nama-Mu dan ingin terus dekat dengan-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.