PRIBADI ROH KUDUS

RHEMA HARI INI

Efesus 4:30 Dan janganlah kamu mendukakan Roh Kudus Allah, yang telah memeteraikan kamu menjelang hari penyelamatan.
Rini sangat mengagumi salah seorang pemimpin rohani di gerejanya. Di matanya, sang pemimpin rohani sangat sabar, dapat diandalkan, dan sempurna. Rini selalu bisa datang kepadanya dengan segala persoalannya dan mendapatkan penghiburan serta penguatan. Kerohanian Rini pun bertumbuh pesat di bawah bimbingannya. Suatu ketika, Rini dan pemimpin rohaninya berjanji untuk pergi ke suatu tempat untuk membeli keperluan acara di gereja. Sejak beberapa hari sebelumnya, Rini sudah diwanti-wanti agar tidak lupa atau terlambat, sebab banyak barang yang harus mereka beli di hari itu.

Namun, di hari-H, pas sebelum Rini berangkat, temannya tiba-tiba mengajaknya untuk menonton konser. Kebetulan Rini sangat ingin menonton konser tersebut, tetapi urung karena harga tiketnya yang mahal. Tentu saja ia kegirangan. Tanpa berpikir panjang, Rini segera mengirimkan pesan kepada pemimpin rohaninya bahwa ia tidak jadi ikut belanja. Saat pemimpin rohaninya mengetahui alasan Rini membatalkan janji mereka, ia menjadi sangat marah. Rini yang ketakutan setelah diberi wejangan oleh pemimpin rohaninya bercerita kepada temannya yang mengajak pergi ke konser, “Aku tidak menyangka pemimpinku itu bisa marah.” Mendengar curhatan Rini, temannya tertawa dan berkata, “Pemimpin rohani juga manusia, punya hati. Tentu saja ia bisa marah.”

Jangankan terhadap pemimpin rohani di gereja yang jelas-jelas bisa kita lihat wujudnya, lebih dari sering, kita pun lupa bahwa Roh Kudus bukan hanya entitas ilahi yang sangat berkuasa. Roh Kudus juga adalah Pribadi yang memiliki hati dan pikiran. Kalau kita diciptakan segambar serupa dengan Allah, yang berarti kita adalah tiruan-tiruan Allah di muka bumi ini, maka sangatlah mungkin Roh Allah pun bisa merasakan seperti kita merasakan. Itu sebabnya, kalau kita sungguh mengasihi Roh Kudus, mulailah hidup dengan memperhatikan segala laku dan perkataan kita. Berhentilah membuat pilihan-pilihan yang mendukakan Roh Kudus dan milikilah gaya hidup yang menyenangkan-Nya. (MV.L)

RENUNGAN

Roh Kudus adalah PRIBADI yang bisa DISUKAKAN dan didukakan.

APLIKASI

1. Bagaimanakah Anda memandang Roh Kudus selama ini?
2. Mengapa Anda perlu menyukakan Roh Kudus?
3. Bagaimana Anda dapat hidup menyukakan Roh Kudus lebih lagi?

DOA UNTUK HARI INI

“Roh Kudus yang baik, ampuni kami apabila selama ini kami lalai dalam setiap perkataan dan tingkah laku kami, sehingga kami mendukakan-Mu. Kami mau mulai hidup untuk menyukakan-Mu. Bentuklah kami dan tuntun kami, agar kami bisa memahami isi hati-Mu dan melakukan apa yang Engkau sukai. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!

I am text block. Click edit button to change this text. Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!