Produk Kasih Dan Obyek Kasih

BACAAN HARI INI
Yesaya 43:1-28

RHEMA HARI INI
Yesaya 43:4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

Limapuluh tahun yang lalu, John Hopkins, seorang guru sosiologi menugaskan mahasiswanya untuk melakukan suatu proyek yang tidak lazim. Dia meminta mereka mewawancarai 200 anak laki-laki dari daerah kumuh Baltimore dan mencari tahu bagaimana kehidupan mereka, kemudian membuat karya tulis yang memprediksikan masa depan anak-anak itu. Banyak dari mahasiswa yang memprediksi bahwa akan banyak dari anak-anak kumuh itu yang akan masuk penjara. Dua puluh tahun kemudian para mahasiswa itu mencari tahu bagaimana keadaan anak-anak laki-laki di daerah kumuh itu dan hal yang mengejutkan mereka dapati. Dari 200 anak, 180 mereka temukan dan hanya 4 dari mereka yang masuk penjara. Ada satu keunikan yang mereka temukan, mereka semua dipengaruhi oleh seorang yang mereka panggil dengan sebutan Nyonya O’Rouke. Karena penasaran dengan apa yang sudah dilakukan oleh Nyonya O’Rouke, mereka berusaha menemuinya di sebuah panti jompo. Nyonya O’Rouke, hanya tersenyum, tidak bisa mengingat lagi detil kisahnya, berkata, “Yang bisa saya katakan adalah… saya mengasihi mereka semua.”

Nyonya O’Rouke menjadikan anak-anak laki-laki di daerah kumuh tersebut sebagai obyek pernyataan kasihnya, sehingga mereka yang diprediksikan sebagian besar akan terlibat kriminalitas dan masuk penjara, akhirnya malah menjadi sebuah produk kasih: orang-orang yang baik, bisa membangun hidup dengan benar, dan menjauhi semua yang jahat.

Bukankah sebenarnya kita juga demikian? Dulu kita semua sesat seperti domba yang tidak tergembala. Kita hidup dengan ego kita, kehendak kita yang jahat, iri hati, kesombongan, kepahitan hidup, dan tabiat dosa yang ujungnya akan membawa kita mengalami penjara-penjara yang diciptakan iblis untuk kita. Namun ketika kasih Yesus menyentuh hati kita, hidup kita diperbarui. Kita yang dulunya hidup dalam dosa, sekarang hidup dalam kebenaran. Itu sebabnya, kalau saat ini Anda sedang menghadapi persoalan yang pelik dalam hidup Anda, ingatlah bahwa sejak mulanya Anda adalah obyek kasih Allah, hidup Anda saat ini adalah produk kasih Allah. Maka jangan menyerah! Kalau Tuhan saja tidak menyayangkan diri-Nya untuk kita, masakan IA tidak akan mengaruniakan segala sesuatu yang kita perlukan? Tidak ada satupun yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah! Apapun yang sedang Anda alami saat ini, tetaplah percaya akan kasih Allah, yang akan menolong Anda dan memberikan yang terbaik bagi hidup Anda!

RENUNGAN
Anda diciptakan dari Allah yang adalah kasih. Anda adalah PRODUK KASIH, diciptakan sebagai OBYEK KASIH Allah.

APLIKASI
1. Hal apa yang akan Anda lakukan agar dari diri Anda terpancar bahwa Anda adalah Produk Kasih dan Obyek Kasih ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami mau terus memancarkan kasihMu karena kami adalah produk kasih dan diciptakan sebagai obyek kasih. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN
Yehezkhiel 47-48
1 Yohanes 3