PROSES PEMURNIAN ROH KUDUS

RHEMA HARI INI

1 Petrus 1:6-7 Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu — yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api — sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.

Langkah Windi terhenti saat melintas di depan galeri seni gerabah. Matanya tertuju pada sebuah vas bunga besar dengan detail dan warna yang sangat menarik. Vas bunga itu pun hanya ada satu dan di tempatkan di tengah-tengah galeri, sehingga siapa saja yang masuk ke galeri seni tersebut akan bisa langsung melihat vas bunga tersebut. Windi pun penasaran dan bertanya kepada pemilik galeri, bagaimana caranya bisa membuat vas bunga seindah itu. Dengan ramah, pemilik galeri menceritakan pada Windi dan pengunjung lain mengenai cara pembuatannya. Bahkan pemilik galeri memberikan kesempatan untuk melihat secara langsung proses pembuatan gerabah-gerabah di galeri tersebut.

Setelah melihat proses pembuatan gerabah, Windi lantas mengerti mengapa barang-barang itu bernilai cukup mahal. Windi melihat bagaimana banyaknya proses yang harus dilalui oleh tanah liat sebelum menjadi gerabah yang indah dan bernilai. Dimulai dari pemilihan tanah liat, dibersihkan dari kerikil dan kotoran untuk kemudian dibentuk oleh tangan sang pengrajin. Jika terjadi kesalahan dalam pembentukan, maka tanah liat yang masih basah itu akan dihancurkan dan dibentuk kembali. Diperlukan proses yang cukup panjang sampai tanah liat yang sudah dibentuk itu bisa masuk dalam proses pembakaran dan di cat dengan cat khusus dengan warna yang indah.

Hidup kita inipun seperti tanah liat yang harus rela dibentuk oleh Tuhan Sang Pejunan. Awalnya hati kita harus dibersihkan dari segala kekotoran agar hati nurani kita menjadi murni. Roh Kudus adalah Roh yang murni, karena itu Roh Kudus mengasihi orang yang memiliki hati yang juga murni. Berbahagialah jika kita sekarang seakan sedang menghadapi berbagai-bagai pencobaan, sebab semuanya itu dimaksudkan untuk semakin menguatkan dan membuktikan kemurnian iman kita. Semakin cepat kita mengerti dan taat pada proses pemurnian Roh Kudus, maka akan semakin cepat kita menang atas setiap persoalan kita. Sebab dalam hati yang murni, Roh Kudus akan sangat leluasa bekerja dan berkarya, membawa kita semakin naik level dalam anugerah dan kemuliaan Tuhan. (LEW)

RENUNGAN

Ikutilah PROSES PEMURNIAN Roh Kudus.

APLIKASI

1. Apakah Anda merasa saat ini hidup Anda sedang diproses oleh Tuhan? Dalam hal apakah itu?
2. Menurut Anda, apa tujuan proses tersebut di ijinkan Tuhan terjadi dalam hidup Anda?
3. Bagaimana Anda akan meresponi proses pemurnian Roh Kudus dan apa yang akan Anda capai sesudahnya?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, meskipun tidak mudah tetapi kami mau mengikuti setiap proses yang akan Kau kerjakan bagi kami. Kami percaya setiap proses yang Kau ijinkan, bukan untuk menjatuhkan kami, melainkan untuk semakin memurnikan kami sehingga kami layak menerima kemuliaan-Mu dalam hidup kami. Mampukanlah kami ya, Bapa. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!