Racun Kekecewaan

BACAAN HARI INI

Amsal 17:1-28

RHEMA HARI INI

Amsal 17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.

Kasus #1: Patric Bordais, anak seorang penyanyi yang kaya dan terkenal, ditemukan telah menjadi mayat di sudut kamarnya yang tertutup. Di dekatnya ada rekaman lagu-lagu ayahnya. Menurut penye¬lidikan dokter, ia meninggal karena membiarkan dirinya tidak mau makan berhari-hari, menyebab¬kan tubuhnya lemah sekali sampai meninggal. Orang-orang berpendapat ia bunuh diri ka¬rena orang tuanya telah bercerai, sehingga ia mengalami kekecewaan yang mendalam.

Kasus #2: Bruno Bettelheim, seorang ahli ilmu jiwa ter¬kenal yang berjasa mempelajari pengembangan ilmu jiwa kelahiran, suatu hari ditemukan oleh seorang perawat tergeletak di lantai. Ternyata ia bunuh diri akibat kekecewaan dan rasa frustasi, karena belum lama ini terserang stroke dan masuk panti jompo. Bruno telah.

Kasus #3: Juni 1984, bintang TV terkenal bernama Marlia Hardi meninggal dunia dengan menggantung diri di kusen pintu rumahnya. Surat kabar melaporkan, “Jutaan penonton televisi di Indonesia seakan tak percaya. Bagaimana mungkin seorang ibu yang penyabar, telaten memberi nasehat, dan selalu menganjurkan untuk tidak berputus asa, tiba-tiba mengakhiri hidupnya dengan tragis.” Ternyata selama ini Marlia Hardi menyimpan kepahitan dan penderitaan yang mendalam akibat berbagai persoalan hidup yang menerpa hidupnya.

Tiga kasus diatas sudah sangat menjelaskan kepada kita, betapa kekecewaan yang disimpan akan berakibat sangat fatal dalam hidup kita. Kekecewaan ibaratnya seperti racun yang akan berdampak merugikan hidup kita tanpa kita sadari. Itu sebabnya, kalau hari ini saudara masih menyimpan kekecewaan, segera bereskan itu di hadapan Tuhan. Mintalah angin Roh Kudus dari Tuhan berhembus dalam hidup saudara. Terimalah pemulihan serta damai sejahtera ilahi kembali memenuhi hidup saudara.

RENUNGAN

Jangan simpan kekecewaan! Sebab kekecewaan ibaratnya seperti racun yang akan BERDAMPAK MERUGIKAN hidup kita tanpa kita sadari.

APLIKASI

Selidiki hati saudara, racun kekecewaan apa yang perlu saudara bereskan di hadapan Tuhan ?

DOA UNTUK HARI INI

Tuhan, selidiki hati kami, jika masih ada kekecewaan atau sakit hati yang kami simpan, tolong kami untuk melepaskan semuanya itu, sehingga kami terbebas dari segala ikatan yang membebani hidup kami, dan kami bisa hidup dalam anugerah serta sukacita-MU. Amin.

BACAAN ALKITAB SETAHUN

Hakim-hakim 13-15