RAHASIA HIDUP BEBAS DARI RASA BERSALAH

BACAAN HARI INI

Mazmur 32:1-11

RHEMA HARI INI

Mazmur 32:5 Dosaku kuberitahukan kepada-Mu dan kesalahanku tidaklah kusembunyikan; aku berkata: “Aku akan mengaku kepada TUHAN pelanggaran-pelanggaranku,” dan Engkau mengampuni kesalahan karena dosaku. Sela

Seorang wanita berkata kepada pendetanya, “Saya punya kebiasaan buruk yaitu suka melebih-lebihkan. Saya suka membesar-besarkan cerita. Orang-orang lalu curiga bahwa ucapan saya tidak benar, dan mereka tak lagi mempercayai saya. Saya sedang berusaha menghilangkannya. Bisakah Anda membantu saya?” Pendeta itu menjawab, “Mari kita sampaikan hal ini kepada Tuhan.” Wanita itu pun berdoa, “Tuhan, Engkau tahu saya suka melebih-lebihkan cerita …” Sampai di sini, si pendeta menyela, “Sebut saja itu kebiasan berbohong, maka Anda akan bisa mengatasinya.” Wanita itu merasa sangat malu dan mengakui kesalahannya.

Kita sering memaklumi dan mencoba berdamai dengan dosa kita, dengan memberinya sebutan yang lebih mudah diterima. Sifat kita yang cepat marah, kita sebut “syaraf tegang”, kebohongan disebut “melebih-lebihkan”, ketidak jujuran disebut “demi kebaikan bersama.” Atau bisa juga kita berusaha lari dari kenyataan ketika kita merasa bersalah. Meninggalkan semua begitu saja dan berharap waktu bisa membuat kita lupa akan segala perasaan bersalah. Ini adalah hal yang sangat keliru, sebab Tuhan dan hati nurani kita, tak akan pernah bisa di bohongi. Jauh di dalam sana, kita akan selalu merasa gelisah, tidak tenang dan selalu ketakutan jika suatu saat ada orang yang mengetahuinya.

Terus berusaha mengelak atau menutupi sesuatu adalah sebuah hal yang sangat melelahkan. Menjadi sebuah beban berat yang harus kita pikul kemana-mana. Yang seharusnya kita lakukan adalah mengakui segala dosa kita dengan kerendahan hati di hadapan Tuhan yang Maha Tahu. Kita perlu mengakuinya, jujur menyebutkannya, dan bertobat dengan segenap hati. Semakin cepat kita melakukannya, maka semakin cepat pula kita akan merasakan kelegaan dan terbebas dari beban rasa bersalah yang telah sekian lama menindih kita. Percayalah, saat kita mengakui pelanggaran-pelanggaran kita kepada Tuhan, Dia pasti akan mengampuni segala dosa-dosa kita (Maz 32:5) dan memberikan kesembuhan total bagi jiwa dan roh kita. Tuhan Yesus memberkati. (ABU)

RENUNGAN

JANGAN BERUSAHA MENGELAK atau MENUTUPI KESALAHAN kita, maka kita akan hidup BEBAS DARI RASA BERSALAH.

APLIKASI

1. Masihkah ada pelanggaran yang Anda coba mengelak atau tutupi dari Tuhan?
2. Apa yang Anda rasakan ketika melakukannya?
3. Apa komitmen Anda agar Anda segera terbebas dari rasa bersalah?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa yang baik, terimakasih Engkau telah mengingatkan kami untuk tidak mencoba mengelak dan menutupi kesalahan kami dari-Mu. Ya kami telah banyak berbuat kesalahan, Bapa, dan sekarang kami mengakuinya di hadapan-Mu. Kami menyesal dan mau sungguh-sungguh bertobat. Dengan iman kami terima pengampunan-Mu yang membawa pemulihan total bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!