RAHASIA HIDUP SUKSES DAN BAHAGIA

RHEMA HARI INI

Ibrani 13:5 Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: “Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau.”

Kita semua tahu bahwa Pak Obaja, Bapak Gembala kita, adalah tipe orang yang selalu punya visi besar. Namun tahukah Anda bahwa mobil pertama yang dimiliki Pak Obaja wujudnya seperti mobil angkot? Tentang mobil itu Pak Obaja dengan bangga selalu berkata kepada anak-anaknya, “Ini mobil yang terbaik di dunia!” Pada saat Tuhan memberkati Pak Obaja dengan sebuah mobil sedan DX, Pak Obaja tetap selalu berkata, “Inilah mobil yang terbaik di dunia!” Sikap Pak Obaja ini menunjukkan bahwa beliau menghargai apapun pemberian Tuhan. Bagaimanapun kondisi pemberian Tuhan itu, beliau tetap bisa mencukupkan diri dan menikmatinya, bahkan selalu menganggapnya sebagai pemberian yang terbaik. Karena Pak Obaja bisa mencukupkan diri dengan segala keadaan sekaligus terus memperjuangkan visi besar yang Tuhan sudah berikan, maka beliau selalu bisa menikmati kebahagiaan dan keberhasilan.

Surat Ibrani mendorong para jemaat Kristen pada waktu itu untuk terus maju menuju kedewasaan rohani. Di bagian akhir surat itu sang penulis dengan tegas menyemangati orang-orang percaya agar tetap tabah dalam keselamatan, iman, penderitaan, dan kekudusan. Salah satu nasihatnya adalah supaya para jemaat tidak menjadi hamba uang tetapi bisa mencukupkan diri dengan apa yang mereka punya. Para jemaat tidak perlu khawatir akan kebutuhan hidup mereka karena Allah telah berjanji bahwa Ia sekali-kali tidak akan membiarkan dan meninggalkan mereka.

Bisa mencukupkan diri dalam segala keadaan bukan berarti lantas kita tidak perlu mempunyai visi dan impian yang harus dikejar. Seperti halnya kisah Pak Obaja tadi, beliau selalu bisa mencukupkan diri dengan apa yang ada dalam hidupnya namun juga tetap memperjuangkan visi besar yang Tuhan sudah berikan kepadanya. Oleh karena itu, mari kita bangkit menjadi pahlawan Tuhan dengan meneladani teladan iman yang luar biasa dari gembala senior kita. Mari kita perjuangkan visi besar yang sudah kita miliki sekaligus berusaha mencukupkan diri dengan segala keadaan, supaya kita bisa mendapatkan kesuksesan serta kebahagiaan.

RENUNGAN

Rahasia hidup SUKSES dan BAHAGIA adalah memiliki VISI BESAR dan bisa MENCUKUPKAN DIRI dalam segala keadaan.

APLIKASI

1. Apakah rahasia hidup sukses dan bahagia?
2. Visi besar dari Tuhan apa yang Anda miliki saat ini?
3. Bagaimana Anda akan mengejar visi itu dengan tetap mencukupkan diri dalam segala keadaan?

DOA UNTUK HARI INI

Bapa, terimakasih atas pengajaran-Mu pada malam hari ini. Dengan teladan dari bapak gembala kami Pak Obaja, kami mau terus belajar untuk mencukupkan diri kami dalam setiap keadaan sambil terus mengejar apa yang menjadi visi-Mu atas hidup kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

Mari bertumbuh dalam Iman bersama Gereja Internet Keluarga Allah!

Ya! Saya Mau Bergabung!