Rahasia Membawa Keuntungan Lebih Banyak

RHEMA HARI INI
Matius 25:21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Pakar perencana keuangan mempunyai istilah yang disebut hutang produktif, hutang produktif adalah hutang uang yang digunakan untuk membeli kebutuhan produktif atau aset yang nilainya pasti/selalu naik, salah satu contohnya adalah pembelian rumah. Tidak ada salahnya memperbesar hutang produktif asalkan secara kalkulasi keuangan mampu membayar. Tidak selamanya hutang itu buruk, karena untuk kasus-kasus tertentu hutang malah “dianjurkan”, seperti membeli rumah, kios, ruko atau barang-barang yang menghasilkan atau nilainya naik setiap tahun. Dalam jangka panjang, membeli barang seperti itu biasanya menguntungkan. Kenaikan harga tanah dan bangunan biasanya lebih besar dari angsuran dan bagi hasil (bunga). Misalnya Anda membeli ruko seharga Rp.500 juta dengan kredit sebesar Rp.400 juta selama 10 tahun. Dalam hitungan 3 tahun, harga ruko bisa naik hampir 2 kali lipat. Bila Anda ingin menjual ruko tersebut dengan harga Rp.1 milyar, Anda akan mendapatkan keuntungan kotor sebesar Rp.600 juta. Inilah strategi hutang yang oleh sebagian pengusaha dimanfaatkan untuk meningkatkan asetnya dalam waktu cepat, dengan cara memperbesar hutang produktif. Tentu saja masih ada beberapa hal yang jadi pertimbangan tentang ruko/rumah yang bisa dibeli dengan kriteria hutang produktif, antara lain menyangkut lokasi, akses jalan, bebas banjir, dsb. Juga jumlah angsuran yang boleh digunakan hanya 30% dari jumlah penghasilan, misalkan gaji perbulannya Rp.5 juta, berarti hanya Rp.1,5 juta rupiah saja yang boleh digunakan untuk angsuran hutang produktif.

Diatas itu semua, kita harus banyak berdoa dalam setiap mengambil keputusan, minta pimpinan Tuhan, dengan kebijaksanaan Allah saja pengelolaan keuangan kita terjamin, hutang yang membawa keuntungan besar akan membuat lompatan keuangan kita.

RENUNGAN
Salah satu rahasia mengalami LOMPATAN KEUANGAN adalah hanya berhutang jika itu membawa KEUNTUNGAN YANG LEBIH BANYAK bagi kita.

APLIKASI
1. Apakah Anda sudah mengerti bagaimana cara Anda memperoleh keuntungan, coba kembali Anda renungkan ?

2. Dan keuntungan seperti apakah yang Anda rasa sudah Anda dapatkan ?

DOA UNTUK HARI INI
Bapa kami mau belajar seperti yang Engaku ajarkan bahwa berhutang jika membawa keuntngan yang lebih banyak. Amin.