RAHASIA MENAKLUKKAN KETAKUTAN (REKA)

Worship Audio

Bacaan Alkitab Setahun

Mazmur 113-115
1 Korintus 6

RHEMA HARI INI
Mazmur 56:4 Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu;

Sudah satu tahun lebih pandemi COVID-19 melanda seluruh dunia. Semua negara telah berusaha maksimal dalam melakukan segala upaya untuk menurunkan angka penyebaran virus Corona, tak terkecuali di Indonesia. Baru-baru ini, pemerintah sudah melaksanakan pemberian vaksin, mulai dari presiden, tenaga medis, tokoh lintas agama, aparat pemerintah, dan masyarakat lanjut usia. Bahkan pemberian vaksin terus berlanjut untuk masyarakat umum yang telah mendaftarkan dirinya secara online.

Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang kontra terhadap upaya pemberian vaksin tersebut. Sebagian dari masyarakat merasa tidak percaya dengan efek dari vaksin tersebut dan merasa ketakutan dengan beberapa dampak negatif yang mungkin ditimbulkan. Terlebih dengan banyaknya berita negatif yang beredar seputar vaksin, baik di media sosial, televisi, maupun pembicaraan orang-orang sekitar. Efek ketakutan masyarakat yang berlebih pada vaksin justru memberikan dampak negatif pada mereka sendiri, seperti tekanan darah meninggi, merasa pusing, lemas, dan sebagainya.

Jika kita memerhatikan kasus di atas, kita bisa mempelajari bahwa ketakutan dari dalam diri dapat memberikan dampak negatif yang begitu besar bagi diri kita sendiri. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk dapat menaklukkan rasa takut. Memang bukan suatu hal yang mudah, karena Daud pun juga pernah mengalami ketakutan. Namun dalam kegentarannya, ia masih dapat berkata, “Waktu aku takut, aku ini percaya kepada-Mu!” Inilah yang perlu kita teladani dari Daud, yaitu iman yang ia miliki. Dalam kondisi ketakutan, ia tetap percaya bahwa hidupnya sepenuhnya dalam kendali Tuhan. Jika saat ini kita sedang merasakan ketakutan, mungkin takut akan masa depan kita, keuangan kita, pekerjaan kita, dan sebagainya, tetaplah miliki iman bahwa dalam Tuhan semua akan baik-baik saja. Karena satu-satunya yang dapat mengalahkan ketakutan kita adalah iman kita sendiri. Tetap konsisten membangun hubungan pribadi dengan Tuhan dan tangkap setiap rhema gereja kita, maka saat waktu-Nya tiba, kita akan melihat Tuhan membuka jalan dan menyatakan Perjanjian Damai-Nya dalam hidup kita. (LEW)

RENUNGAN
Rahasia untuk MENAKLUKKAN KETAKUTAN adalah IMAN.

APLIKASI
1. Hal-hal apa saja yang saat ini membuat Anda merasa ketakutan?
2. Menurut Anda, bagaimana dengan memiliki iman saja dapat menaklukkan ketakutan kita?
3. Apa langkah-langkah yang akan Anda ambil agar dapat memiliki iman untuk menaklukkan ketakutan Anda? Tuliskan!

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, kami bersyukur atas penyertaan-Mu dalam hidup kami. Kami percaya, dalam segala keadaan Engkau tetap bersama kami. Ajar kami agar tetap dapat memiliki iman sekalipun dalam keadaan sulit. Sehingga, sekalipun kami belum melihat hasil akhirnya, kami tetap percaya bahwa Engkau pasti merancangkan yang terbaik bagi kami. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”