Rahasia Menjadi Penabur Yang Penuh Sukacita

ReKA Video

 

Berlangganan ReKA Video melalui:

youtube

ReKA Audio

n

Klik tombol segitiga untuk mendengarkan pembacaan Renungan Keluarga Allah hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun

pablo (1)

Klik gambar diatas untuk membaca dan mendengarkan pembacaan Alkitab Setahun untuk hari ini.

BACAAN HARI INI
1 Korintus 13:1-8

RHEMA HARI INI
1 Korintus 13:3 Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang ada padaku, bahkan menyerahkan tubuhku untuk dibakar, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.

Jauh lebih indah dari perhiasan ratu mana pun di dunia ini, seperti itulah rambut panjang Della. Bagi Jim yang berpenghasilan kecil, selain jam saku emas warisan kakeknya, rambut istrinya adalah satu-satunya kebanggaannya. Namun, Della begitu ingin memberikan hadiah Natal yang cukup berharga untuk Jim. Ia pun menjual rambut indahnya. Dengan uang itu, ia membeli rantai emas elegan untuk jam suaminya. Namun ternyata, Jim telah membelikan Della sisir rambut bertakhtakan perhiasan. Untuk itu, ia telah menjual jam emasnya. Baik hadiah Della maupun Jim, sama-sama tidak bisa digunakan. Namun, mereka telah menemukan harta karun yang jauh lebih berharga. Sekarang mereka menyadari, sejauh apa mereka sanggup berkorban untuk satu sama lain.

Cerita pendek legendaris karya O. Henry yang berjudul “The Gift of the Magi” ini menunjukkan kepada kita besarnya kekuatan cinta. Cinta membuat kita rela berkorban untuk orang yang kita kasihi. Cinta itu sendiri bukan hanya hadiah terbesar, tetapi juga terbijak. Tanpa dorongan cinta, pemberian kita bisa menjadi suatu keharusan, kewajiban, atau bahkan paksaan. Pemberian seperti ini tentu tidak akan pernah bisa menyentuh hati sang penerima.

Tepat seperti yang Paulus katakan, sekalipun ia memberikan semua yang ia miliki, tetapi jika tidak didasari oleh kasih, maka semua itu sia-sia belaka. Itu sebabnya, jika kita ingin menjadi bagian di ladang-Nya Tuhan dan menabur dengan sukacita, kita perlu memiliki hubungan yang benar terlebih dahulu dengan Tuhan. Saat kita memiliki hubungan kasih yang mendalam dengan Tuhan, menabur tidak lagi berat bagi kita. Justru rasanya kita ingin memberi dan memberi untuk menyenangkan hati Tuhan. Persembahan seperti inilah yang Tuhan sukai, dan Dia pun akan memberikan kita kejutan-kejutan tak terduga. Mujizat keuangan besar hanyalah salah satu di antaranya. Bersiaplah, karena Tuhan akan menghiasi hidup kita dengan mujizat-mujizat-Nya. (MV.L)

RENUNGAN
Salah satu rahasia menjadi PENABUR YANG PENUH SUKACITA adalah CINTA YANG MENDALAM KEPADA TUHAN.

APLIKASI
1. Menurut Anda, penabur seperti apakah Anda selama ini?
2. Mengapa penting bagi Anda untuk menjadi penabur yang penuh sukacita?
3. Bagaimana Anda dapat menjadi penabur yang penuh sukacita?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa yang baik, terima kasih untuk kasih-Mu yang begitu besar kepada kami. Penuhi hati kami dengan kasih-Mu, dan ajari kami untuk menjadi pengejar hati-Mu. Agar kami boleh memiliki hubungan yang intim dengan-Mu dan juga hati yang ingin membalas kasih-Mu. Sehingga kami pun bisa menjadi penabur yang penuh sukacita bagi Kerajaan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”

Pentingnya senantiasa membangun persekutuan dengan Tuhan terus-menerus.

Kita tahu bahwa tanpa hubungan yang intim dengan Roh Kudus sebenarnya kita ini kosong. Itu sebabnya gereja kita sangat mendorong bahkan menyediakan fasilitas supaya jemaat bisa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan melalui ReKA (Renungan Keluarga Allah) yang dibagikan kepada setiap jemaat setiap pagi.

Tetapi sebenarnya, untuk sebuah pertumbuhan rohani yang sehat, kuat, serta konsisten, kita tidak cukup hanya bersekutu dengan Tuhan 1x di pagi hari saja, melainkan kita harus melakukannya dengan konsisten, setiap saat bersekutu dengan Tuhan.

Secara jasmani saja, kita bisa saja makan 1x dalam 1 hari, tetapi kekuatan tubuh kita tidak akan bisa maksimal jika dibandingkan dengan kalau kita makan 3x sehari. Demikian juga dalam hal minum obat, kebanyakan obat harus diminum 3x sehari supaya tubuh kita yang sakit bisa segera sembuh. Oleh sebab itu bagaimana mungkin kita bisa berpikir bahwa roh kita bisa kuat kalau kita hanya memberi makan roh kita 1x sehari saja? Kita perlu memberi makan manusia roh kita setidaknya 3x sehari, sama seperti kita memberi makan manusia jasmani kita.

Kita bisa melihat Tuhan Yesus, teladan yang sempurna bagi kita semua. Bagaimana IA terus-menerus membangun hubungan yang intim dengan Bapa-Nya. Pagi-pagi benar, ketika hari masih gelap, Tuhan Yesus sudah duduk diam di bawah kaki Tuhan. Siang hari di tengah-tengah kesibukan-Nya melayani orang-orang yang membutuhkan mujizat-Nya, Tuhan Yesus melepaskan diri dari keramaian dan datang kembali kepada Tuhan. Malam hari, ketika kebanyakan orang sudah tidur, Tuhan Yesus menyediakan waktu khusus untuk bersekutu dengan Tuhan.

Begitu juga dengan kehidupan Daud. Dikatakan di dalam Alkitab bahwa 7x dalam sehari Daud memuji-muji Tuhan. Ini artinya Daud memiliki persekutuan yang konsisten dan terus-menerus dengan Tuhan. Demikian juga dengan Daniel. 3x sehari Daniel berlutut, berdoa, serta memuji Allah. Smith Wigglesworth, hamba Tuhan yang dipakai Tuhan membangkitkan banyak orang mati, berkata ia tidak berdoa lebih dari 15 menit, tetapi ia tidak akan melewatkan 15 menit berlalu tanpa berdoa. Tidak heran jika orang-orang besar yang dipakai Tuhan luar biasa itu memiliki kehidupan roh yang kuat, mantap dan penuh kuasa.

Itulah sebabnya mengapa penting sekali bagi kita untuk terus-menerus membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. Namun, kendala yang terjadi di banyak kehidupan kita sehari-hari adalah seringkali kita lupa bersekutu dengan Tuhan saat kita sudah disibukkan dengan berbagai macam hal yang harus kita kerjakan sepanjang hari itu. Itu sebabnya saat ini ReKA hadir 3x dalam sehari untuk mengingatkan kita supaya senantiasa membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan terus-menerus sepanjang hari. Dengan adanya ReKA setiap pagi, siang, dan malam ini, maka kita akan terus didorong membangun persekutuan yang intim, kuat, dan konsisten dengan Tuhan sehingga manusia roh kita semakin lama akan semakin dibangun dan dikuatkan untuk melakukan hal-hal yang besar bagi kemuliaan Tuhan.