Rahasia Mewujudkan Harapan Menjadi Kenyataan

BACAAN HARI INI
Roma 15:1-13

RHEMA HARI INI
Roma 15:13  Kiranya Allah sumber pengharapan memenuhimu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam imanmu sehingga kamu akan berlimpah di dalam pengharapan oleh kuasa Roh Kudus. (I_AYT)

Bukan secara kebetulan jika rhema gereja kita bulan ini adalah faith explosion atau ledakan iman. Kita dapat melihat bahwa selama beberapa bulan ini great revival terjadi atas gereja kita, begitu banyak kesaksian yang kita dengar tentang mereka yang mengalami mujizat. Melalui kesaksian itu kita sungguh-sungguh dapat melihat karya Tuhan yang begitu nyata dan ajaib, sesuatu yang nampak mustahil, tetapi di tangan Tuhan semua itu menjadi mungkin.
Namun, beberapa diantara kita mungkin ada yang masih bertanya dalam hati, kenapa saya tidak kunjung mengalami mujizat? Kapan saya menerima mujizat? Apakah mungkin saya sembuh? Apakah mungkin hutang-hutang saya lunas? Apakah keluarga saya bisa diselamatkan? Ya, memang yang terlihat secara mata jasmani kita adalah masalah yang begitu rumit, beban yang begitu berat, sesuatu yang nampak mustahil, bahkan keadaan yang setiap hari nampaknya semakin memburuk.
Dalam Ibrani 11:1 dikatakan bahwa “Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat”. Oleh karena itu, perlu sekali kita memiliki iman, karena tanpa iman itu sendiri harapan yang kita miliki hanya sebatas angan-angan. Percayalah, bahwa pengharapan di dalam Tuhan tidak akan pernah mengecewakan. Bersama Yesus, tidak ada yang mustahil. Kita bisa meraih harapan kita selama kita tidak kehilangan iman kita pada Tuhan. Apa saja yang menjadi harapan Anda selama ini? Tentang kesehatan? Pasangan hidup? Keuangan? Keluarga? Yakinlah bahwa mulai hari ini segala sesuatau yang Anda harapkan, tidak lagi menjadi mustahil. Milikilah iman seperti Abraham, sekalipun belum melihat, namun tetap percaya, maka Anda akan melihat karya Tuhan yang ajaib dan dasyat dalam hidup Anda.

RENUNGAN
PENGHARAPAN biasanya LEBIH BESAR daripada kemampuan kita untuk meraihnya, itu sebabnya DIPERLUKAN IMAN untuk mewujudkannya.

APLIKASI
1.    Apa sajakah yang menjadi harapan Anda selama ini?
2.    Apa yang menghambat Anda tidak bisa memiliki iman yang teguh dalam Tuhan?
3.    Tindakan apa yang membuktikan bahwa Anda sungguh percaya dan memiliki iman kepada Tuhan?

DOA UNTUK HARI INI
“Bapa, ampuni kami jika selama ini kami masih meragukan kuasa-Mu. Kami terlalu fokus pada masalah  yang kami alami, sehingga kami tidak dapat melihat bahwa Engkau satu-satunya yang sanggup menolong kami. Kiranya sukacita dan damai sejahtera-Mu memenuhi kami, sehingga kami berlimpah di dalam pengharapan akan Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.”